header_ads

Linguaphone.id

Sosialisasi Ketentuan Dibidang Cukai


BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai peraturan cukai, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor menggelar Kegiatan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai pada Senin (03/09/2018), bertempat di Resort Prima Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Sosialisasi ini dihadiri oleh para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat serta Karang Taruna.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor Dace Supriadi, dalam sambutannya ia mengatakan bahwa pengetahuan mengenai masalah cukai merupakan hal yang wajib diketahui oleh seluruh masyarakat, terutama para aparat desa/kelurahan sebagai ujung tombak pemerintahan dan karang taruna serta tokoh masyarakat karena wilayah Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang cukup strategis secara ekonomi maupun kultur sosial budaya.

“Cukai merupakan salah satu sumber pendapatan penting bagi pemerintah, dengan wilayah Kabupaten Bogor yang begitu luas dengan penduduk yang cukup banyak dan sebagian besar menjadi konsumen rokok perlu adanya dukungan dari Pemerintah Pusat untuk meminimalisir terjadinya kecurangan para pelaku usaha dimana salah satunya dengan kegiatan sosialisai kali ini,” ujar Dace.

Pada kesempata tersebut, Dace juga berpesan agar para peserta kegiatan dapat mengikuti dengan baik materi yang disampaikan oleh narasumber yang akan menyampaikan secara detail tentang cukai/peraturan cukai.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan yang juga Kepala Seksi Bina Tata Niaga pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor Rosmanidar, menjelaskan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat untuk dapat membedakan cukai yang legal dan ilegal, tentang peraturan cukai serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membeli dan atau menggunakan produk hasil tembakau yang tidak bercukai.

Dalam laporannya, ia juga meyampaikan bahwa kegiatan ini terdiri dari 600 orang peserta dari 40 Kecamatan yang terbagi kedalam 10 angkatan dengan mengundang narasumber dari Kantor Pelayanan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Bogor serta Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB). (adv)

Diberdayakan oleh Blogger.