header_ads

Linguaphone.id

Rapat Pleno Perbaikan DPT Pemliu 2019

 KPU

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Temuan daftar pemilih ganda dipermasalahkan DPR RI. KPU didesak bergerak cepat untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap 2019 guna menghindari kecurangan pada pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019. 

KPU telah melakukan penyisiran pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Hasil penyisiran DPT ini akan diplenokan besok.  "Hari iini rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT hasil perbaikan nasional," ujar Komisioner KPU Viryan Aziz, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (16/09/2018).

Dirinya mengatakan hampir semua KPU provinsi telah melakukan pembersihan data ganda. Namun, beberapa daerah yang belum selesai, dikarenakan masih adanya temuan yang diberikan parpol. Penyisiran data ganda sendiri telah dilakukan KPU sejak 5 September 2018 dan akan selesai pada hari ini. 

"Hampir seluruh KPU provinsi sudah merampungkan rapat rekapitulasi DPT tingkat provinsi. Sedang berjalan (rapat rekapitulasi tingkat provinsi), beberapa sedang menyelesaikan (data ganda)," kata Viryan.

KPU telah melakukan penyisiran data bersama dengan KPU dan Bawaslu selama 10 hari. Dengan mengadakan 3 kali pertemuan. "Dalam hal ini, selama 10 hari, KPU bersama parpol, Bawaslu di tingkat pusat paling tidak sudah 3 kali melakukan pertemuan membahas teknis data," tuturnya.

Menurutnya, saat ini jumlah data ganda dalam DPT dibawah satu juta. Dia berharap data ini bisa terus dibersihkan. "Data terakhir kami, data ganda dari 185 juta, Insyallah di bawah satu persen. Nama yang mengalami kegandaan di bawah 1 persen atau di bawah 1 juta. Kami masih menunggu data-data hasil dari pencermatan KPU kabupaten/kota, yang direkap oleh KPU provinsi dihari ini sampai malam dan harapannya ini bisa kita bersihkan sebersih mungkin," ujar Viryan. (red)

Diberdayakan oleh Blogger.