header_ads

Linguaphone.id

Komisi Informasi Verifikasi PPID Diskominfo Kabupaten Bogor


BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat kembali lakukan verifikasi lapangan monitoring dan evaluasi penerapan undang-undang keterbukaan informasi publik terhadap Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Selasa (04/09/2018). 

Asisten Bidang Advokasi atau verifikator Komisi Informasi Jabar, Aditya Nugroho menuturkan, verifikasi monitoring dan evaluasi tersebut tahap terakhir setelah dilaksanakannya tahap kedua. Yakni tahap assessment yang diberikan oleh Diskominfo Kabupaten Bogor ke Komisi Informasi Jabar.

Hal itu dilakukan untuk menilai seberapa efektif dan optimal PPID  dalam memberikan layanan informasi yang transparan dan akuntabel kepada masyarakat. “Di tahap ini penilaian kami lakukan berdasarkan berkas pendukung atau  kuesioner yang mereka sampaikan ke kami.  Lalu kita hasilkan hasil sementaranya, setelah itu ada masa sanggah untuk memberikan dokumen pendukung tambahannya,” ujar Adit.

Katanya menambahkan, sementara untuk verifikasi lapangan ini merupakan tahap akhir penilaian dengan cara mengecek lima berkas kuesioner yang disampaikan. “tahun lalu, Diskominfo Kabupaten Bogor meraih juara umum, penerapan UU KIP terbaik, pada intinya dari hasil verifikasi ini akan kami olah terlebih dahulu untuk menentukan PPID yang terbaik,” tuturnya.

Ungkap Adit, pada verifikasi kali ini tidak saja PPID utama yang dilakukan verifikasi tetapi PPID pembantu yang terpilih juga dilaksanakan verifikasi. Salah satunya PPID Pembantu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor sehingga penilaian lebih maksimal.

“Dari 27 Kabupaten sebagai peserta monev, hanya 24 kabupaten dan lima instansi vertikal (PPID Pembantu terpilih) yang memenuhi kriteria untuk di verifikasi, besok terakhir kami akan lakukan verifikasi ke Kabupaten Bandung,” tegasnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidik mengatakan, verifikasi yang dilaksanakan rutin setiap tahun tidak saja dapat memacu peningkatan prestasi. Juga mampu meningkatkan kinerja PPID utama lebih baik lagi terutama dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Tentunya kami berharap tahun ini bisa lebih baik, meskipun tahun 2017 kami berhasil meraih juara umum PPID terbaik. Yang terpenting adalah bukan hanya meraih penghargaan tetapi kami bisa menjadi pelayan publik sesuai yang diharapkan masyarakat,” imbuhnya. (drs)

Diberdayakan oleh Blogger.