header_ads

Linguaphone.id

Budidaya Ikan Hias Usaha Menggiurkan

 budi daya ikan

BERITA BOGOR. | www.beritabogor.Com  - Kelompok Mina Karya Bersama adalah kelompok Budidaya Ikan Hias berlokasi Jl. wangun Tengah Kampung Cibalok Rt.03 Rw.05 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur, mempunyai 10 Anggota yang mayoritas anggotanya berlokasi tersentral di Bogor Timur. 

Mina Karya Bersama dibentuk pada tanggal 4 Januari 2011 yang di ketuai Muyke Febriana berawal dari komunitas para ikan hias yang mempunyai problematika yang sama baik dari segi teknis maupun kelembagaan.

"Ada beberapa jenis ikan hias yang di budidayakan 20 jenis mulai dari platydoras, agayxis, ancystrus, maanvis, corydoras dan panda. Untuk saat ini yang kejar target yakni jenis ikan hias Rasbora galaxy berasal dari myanmar yang banyak diminati dengan permintaan perbulan 10 ribu ekor perbulan dengan harga mulai Rp. 1500 sampai Rp. 2000 per ekor," Kamis (13/09/2018).

Muyke mengatakan untuk pemasaran tidak begitu sulit kebanyakan dari rekan atau sesama budidaya ikan hias lokalan bisa merambah ke Surayabaya, Mojokerto, Bandung. 

Pokdakan Mina Karya menjadikan budidaya ikan hias sebagai usaha yang riil, dapat mengurangi pengangguran, sebagai motivasi untuk para pemuda, mencetak Enterpreneur yang handal serta memahami permasalahan dan alternatif pemecahan yang timbul. (yd)

Diberdayakan oleh Blogger.