header_ads

Linguaphone.id

Seminar UU Fidusia

www.beritabogor.com

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Punggawa Inspirasi Rakyat (Panser) menggelar seminar nasional bertajuk ‘Undang Undang Fidusia Untuk Kepentingan Siapa?’ di Gedung PPIB, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Rabu (08/08/2018).

Seminar ini digelar dengan menghadirkan tiga narasumber lainnya, yakni Divisi Humas Polri, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) serta Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bogor. Mereka memaparkan hal-hal yang terkait dengan UU Fidusia dan cara menyelesaikannya ketika ada konsumen yang bermasalah.

Ketua Pelaksana Seminar Nur Isman Iskandar mengatakan, agenda utama dari seminar tersebut adalah membahas UU Fidusia yang dinilai masih rancu dan prosedur penyelesaian kredit macet di Bank. "Jadi masih banyak terjadi bentrokan antara masyarakat dengan leasing atau debt collector yang mengalami kejadian ditarik motor atau mobilnya di jalan," ujar Nur Isman.

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan, Pemerintah Kota Bogor menilai UU Fidusia sangat erat dengan kehidupan sehari-hari warga. Namun terjadi banyak masalah yang muncul karena ketidakpahaman debitur. "Rasanya tidak ada satu orang pun yang tidak terikat dengan kredit. Meski kadang menimbulkan banyak masalah," ujar Usmar.

Ia menjelaskan, Fidusia itu sebenarnya pengalihan hak kepemilikan atau pemindahtanganan melalui ketentuan, kesepakatan yang kalau semua proses berjalan dengan baik dan taat asas maka tidak akan ada masalah. Tetapi terkadang dinamika hidup tidak menentu terutama terkait ekonomi sehingga membuat pembayaran dari jual beli yang telah disepakati membuat tertahan dan adanya sanksi peringatan dan tindakan dari kreditur yang melibatkan pihak ketiga.
Diberdayakan oleh Blogger.