header_ads

Linguaphone.id

Pendaftaran Akte Kelahiran Melalui Online

www.beritabogor.com

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Servis Efisien Melalui Administrasi Kependudukan  Online Gratis Akurat Terintegrasi (SEMANGAT) yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor kini masyarakat sudah banyak yang memanfaatkannya. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bogor,  Sofyan, Senin (06/08/2018) dikantornya  yang terletak di Jalan Tegar Beriman .

Saat ini sejak dilaunchingnya  "SEMANGAT" akhir tahun lalu, perharinya yang mendaftar sekitar 200 warga untuk mengurus  Akte Kelahiran, baik melalui online maupun mereka datang sendiri ke Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor.

Menurutnya, masyarakat akan lebih mudah dengan menggunakan  sistem online, karena mendaftarnya  bisa dari mana saja, baik dari rumah maupun dari kantornya, ini merupakan jalan pintas mengurus Akte Kelahiran secara online, tidak perlu ke kantor Dinas Dukcapil,  terangnya.

"Mereka yang mendaftar menggunakan online, setiap hari kerja  dimonitor dan langsung dilakukan pendataan oleh petugas yang telah ditunjuk, dan Jum’at bisa selesai, masyarakat diharapkan bisa mengurus sendiri. Selain hari kerja bisa mendaftar secara online, menurut Sekdis bisa dilakukan pada hari - hari libur seperti Sabtu dan Minggu atau hari libur lainnya, karena ini merupakan sistem online," tambahnya

Kepala Bidang Catatan Sipil Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Bogor , Trini mengatakan layanan online mudah dipahami oleh pendaftar, katanya. "Sampai saat ini pendaftaran Akte Kelahitran  sehari bisa mencapai 200 orang dan sebulan sekitar 4000 pemdaftar secara online," katanya.

Diakui, lanjut Trini, ada beberapa desa yang memang tidak bisa melalui online, solusinya yakni koordinas dan melakukan kerjasama dengan desa  setempat,  yakni dengan operator desa. "seperti kecamatan Parung Panjang, Babakan Madang, itu   sulit dijangkau melalui internet, kata Trini.

Melalui kerja sama tersebut semua permasalahan di wilayah yang sulit di jangkau dengan internet atau pendaftaran secara online  "Ini bukan merupakan kendala, tetapi ada solusi lain," pungkas Trini dikantornya. (drs/pry)
Diberdayakan oleh Blogger.