header_ads

Linguaphone.id

Bank Sampah Rangga Mekar Menuai Berkah

www.beritabogor.com



BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Bank sampah Rangga Mekar yang digagas oleh Heri Heriyanto di Kelurahan Rangga mekar Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor menuai hasil.

Heri Heriyanto mengungkapkan bank Sampah Rangga Mekar dibentuk sejak tahun 2015 dengan beranggotakan 15 orang. "Pembentukan bank sampah diawali dengan melihat potensi lingkungan yang ada," katanya, Kamis (21/08/2018).

Untuk sampah di wilayah Rangga Mekar bisa menghasilkan 500 kilogram sampah perhari sebulan yang masuk ke Bank sampah 1,5 ton perbulan yang dikelola di bank sampah, mulai dari sampah logam, plastik dan kertas.

"Dulunya wilayah ini penuh dengan sampah. Kemudian kami edukasi warga agar bisa melihat dan memilah bahwa diantara sampah itu ada yang berharga dan bisa dimanfaatkan,” kata Heri ketua kelompok swadaya masyarakat (KSM) Bogor Selatan.

Menurutnya, dari pengelolaan bank sampah itu, warga bisa memanfaatkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk, sedangkan anorganik dibuat kreatif berupa kerajinan bernilai ekonomis yang bisa di jual salah satunya resaikel dari plastik minyak goreng  dibuat map, tas.

“Kami biasanya memanfaatkan pupuk yang dikelola oleh bank sampah untuk pupuk maupun keerajinan kreatif. Hal ini dirasa lebih efektif dan efisien serta volume sampah di wilayah ini pun semakin berkurang,” katanya.

Harapan Heri terbentuknya Pospadai menjadi prioritas untuk pnegolahan sampah dan ada perhatian dari dinas terkait melakukan pendampingan kesetiap wilayah, dan di fasilitasi BOP dan insentif. (yd)
Diberdayakan oleh Blogger.