header_ads

Linguaphone.id

Hari Krida Pertanian Jawa Barat

 pangan

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Hari Krida Pertanian yang ditetapkan tanggal 21 Juni merupakan hari yang diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni para petani, peternak, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. 

Hari tersebut ditujukan sebagai hari bersyukur, hari berbangga hati sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bhakti di bidang pertanian. Penetapan tanggal 21 Juni sebagai Hari Krida Pertanian  didasarkan  atas  pertimbangan bahwa  pada tanggal  tersebut  ditinjau  dari  segi  astronomis,  matahari  yang  memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuhan, hewan dan manusia, berada pada garis balik utara (23,50 lintang utara) dimana  pada  saat  itu  terjadi  pergantian iklim yang seirama dengan perubahan – perubahan usaha kegiatan pertanian.  Kegiatan panen berbagai komoditi pertanian seperti kopi, cengkeh, lada,  dan sebagainya pada umumnya dilaksanakan sekitar bulan  Juni – Juli.

Bulan Juli tahun ini dipilih sebagai penyelenggaraan Hari Krida Pertanian. Acara tersebut akan diadakan pada tanggal 27-29 Juli 2018 dan digawangi langsung oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor. Adapun penyelenggaraan acara tersebut tahun ini dimaksudkan untuk mengapresiasi petani, pekebun, peternak dan nelayan dalam upaya peningkatan pertanian, meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian petani dan nelayan melalui wadah KTNA, meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan petani dalam mewujudkan kemandirian pangan serta menjalin kemitraan usaha dan pertukaran informasi antara petani-nelayan dengan para pengusaha di bidang agribisnis, agroindustri dan agrowisata.

Kegiatan yang juga menampilkan stand-stand pameran produk hasil pertanian ini mengusung tema “MELALUI  HKP  KE-46  TAHUN  2018  KITA  TINGKATKAN  KUALITAS PANGAN UNTUK KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN PETANI / NELAYAN JAWA BARAT”. Konsep yang akan di tampilkan juga dirancang untuk mengahadirkan nuansa pertanian yang kental dan berbudaya Sunda. Bertempat di Arena Stadion GOR Pakansari Cibinong, pameran ini menargetkan peserta dari kalangan Petani/Nelayan Kab/Kota, KTNA Provinsi, Organisasi Profesi, Pelajar SMKPPN & SNAKMA, OPD Lingkup Pertanian sebanyak lebih dari 1000 orang. Lewat pameran ini, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor juga akan melaunching beberapa produksi hasil pertanian Bogor dengan varietas yang belum pernah ada sebelumnya. Varietas-varietas baru ini diharapkan dapat memberikan manfaat terhadap para petani agar menjadi pengembangan baru serta dapat meningkatkan pemasaran hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Selain pameran pertanian, acara ini juga akan diisi oleh banyak kegiatan, diantaranya Rembug Madya KTNA, peragaan demostrasi pada masing-masing stand, temu wicara, lomba-lomba, temu antar profesi, gelar teknologi, dll. Dengan menggandeng PT Agrinesia dan Komunitas Pecinta Kopi, pameran ini juga akan menghadirkan banyak acara-acara menarik, yaitu launching varian baru Lapis Talas Sangkuriang, yang merupakan salah satu brand dari PT Agrinesia, pemecahan rekor MURI “Food  Platting Lapis Talas” yang akan di sertifikasi oleh Indonesian Chef Association (ICA) dan Museum Rekor Indonesia (MURI), serta promo “buy 1 get 1 Lapis Talas Sangkuriang”. Selain itu, akan ada Festival Kopi Bogor yang diadakan oleh Komunitas Pecinta Kopi. Festival tersebut akan memamerkan kopi-kopi khas Bogor yang tidak kalah enaknya. Berbagai stand menarik dari festival kopi juga akan dihadirkan. Tidak hanya itu, kegiatan Hari Krida Pertanian ini juga akan dimeriahkan oleh beberapa artis lokal dan ibu kota ternama.

Perayaan atas Hari Krida Pertanian ini juga diharapkan dapat menjadi suatu momentum penghargaan serta apresiasi bagi para petani dan nelayan agar mereka mampu menjadi petani dan nelayan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam mewujudkan kemandirian pangan. Dengan adanya pemberian penghargaan tersebut juga  akan  dapat mendorong munculnya cipta karsa dan karya yang lebih besar dan berguna sehingga masa depan pertanian yang lebih baik dapat terwujud. Selain itu, dengan terselenggaranya pameran ini pemasaran hasil produksi pertanian/perkebunan diharapkan akan semakin meningkat untuk kedepannya. (red)

Informasi penyelenggaraan Hari Krida Pertanian 
tingkat Provinsi Jawa Barat 
Nora ( 0822 8463 9739 ), 
Dewi ( 0811 1116 876 )

Diberdayakan oleh Blogger.