header_ads

Linguaphone.id

DPMD Kembangkan Sistem Informasi Desa

www.beritabogor.com
 
BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Instrument dan aplikasi Sippedes (Sistem Pendataaan Potensi Desa) sangat dibutuhkan dewasa ini. Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor pun menggelar pelatihan sensus pendataan desa.

Hal ini dilakukan DPMD Kabupaten Bogor dalam rangka pengembangan sistem informasi sesuai dengan perbup No.68 tahun 2017, tanggal.11 Desember 2017 tentang sistem informasi desa di Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelatihan sensus pendataan desa kegiatan pengembangan sistem informasi desa bagi 416 desa di kab Bogor, (30/07/2018).

Menurut Kasi pendataan desa Helena Dwi Astuti Pelatihan untuk pendataan di desa seperti data  penduduk, pendidikan, ekonomi dan kesehatan selanjutanya bisa dikembangkan. "Adanya data base di desa, jadi desa memiliki data dasar yang valid," jelasnya.

Manfaat yang bisa diambil dari pemanfaatan SID (Sistem Informasi Desa) adalah dorongan kepada perangkat desa untuk bisa transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan desa. "sehingga masyarakat mudah dalam mengakses informasi desa," harapnya. 

Dirinya mengatakan, setiap desa diberikan instrument dan aplikasi sippedes dari DPMD Kabupaten Bogor nantinya di isi direkap melalui data entry dari masing-masing desa di report ke tingkat kecamatan dan di kirim ke DPMD..ungkapnya.  (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.