header_ads

Linguaphone.id

Infrastruktur Jalur Wisata Gunung Pancar Belum Memadai

 gunung pancar bogor

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Potensi wisata di wilayah Kabupaten Bogor tak diragukan lagi. Pasalnya, disetiap obyek wisata yang tersebar seantero Bumi Tegar Beriman menjadi target liburan Iedul Fitri 1439 Hijriyah. Namun, pembangunan infrastruktur jalur wisata belum memadai dan patut menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kabupaten Bogor. 

Salah satunya, obyek wisata yang berada di Hutan Pinus dan disekitar Gunung Pancar, Desa Karang Tengah Kabupaten Bogor. Pantauan di lapangan, wisatawan yang datang ke lokasi wisata Hutan Pinus jumlah semakin meningkat sejak hari pertama Iedul Fitri 1439 Hijriyah hingga berita ini dimuat. 

Dari arah Jungleland Adventure Theme Park Sentul City terlihat kemacetan arus lalu lintas di Jalan Gunung Pancar. Nampak Sekretaris Desa Karang Tengah turun tangan bersama personil Polsek dan Satpol PP Kecamatan Babakan Madang. "Jangankan mobil, motor saja antri tidak bisa bergerak ini," keluh Roby (24) wisatawan asal Jakarta yang terjebak kemacetan menggunakan sepeda motor bersama rekan-rekannya, Selasa (19/06/2018) 

Ditengah kesibukannya membantu petugas mengurai antrian panjang, Sekretaris Desa Karang Tengah, Mulyadi mengatakan pihaknya siap mengamankan jalur wisata yang ada di wilayahnya bersama Polsek Babakan Madang dan Satpol PP Kecamatan Babakan Madang. "Pengunjung kawasan hutan pinus setiap hari tak pernah sepi. Selain panorama alam yang indah juga banyak spot yang menjadi daya tarik wisatawan, diantaranya pemandian air panas," kata Sekretaris Desa Karang Tengah, Mulyadi. 

Menurutnya, ruas Jalan Gunung Pancar yang sempit tidak lagi seimbang dengan volume kendaraan yang lalu lalang, terutama pada saat libur panjang pasti terjadi antrian panjang kendaraan roda empat dan roda dua. "Petugas Polsek Babakan Madang, Satpol PP Kecamatan Babakan Madang dan Petugas Keamanan Desa Karang Tengah sudah diterjunkan ke lokasi kemacetan guna mengurai antrian panjang. Ini terjadi sejak hari kedua liburan lebaran tahun ini," ungkapnya. 

Terpisah, Kandidat Legislatif 2019-2024 Kabupaten Bogor, Sabilillah menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur di jalur wisata harus menjadi prioritas pembangunan menggunakan APBD Kabupaten Bogor. Terutama akses Jalan Gunung Pancar, mulai dari Terminal Karang Tengah sampai perbatasan Kecamatan Sukamakmur perlu ada pelebaran jalan yang dilengkapi trotoar dan drainase. Bahkan, perlu dibangun turap penahan tebing dibeberapa titik lokasi yang rawan longsor di sepanjang jalur wisata itu. "Ini untuk kenyamanan masyarakat dan wisatawan, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga setempat melalui daya tarik wisata pula," tegasnya. (red)

 gunung pancar
 gunung pancar

Diberdayakan oleh Blogger.