header_ads

Linguaphone.id

Bazaar dan Pasar Murah UMKM Kabupaten Bogor 2018


BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Sebagai upaya stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar Bazaar Ramadhan 1439 H dan Pasar Murah. 

Lokasi kegiatan bertempat di Halaman Kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (06/06/2018).  

Bupati Bogor Hj. Nurhayanti saat membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan menggelar Bazar Ramadhan 1439 H dan Pasar Murah dengan tujuan sebagai upaya stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat serta agar masyarakat dapat memperoleh kebutuhannya menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harga yang terjangkau, sehingga dengan sendirinya memperluas kemanfaatan produk serta pada saat yang sama berpotensi mengatasi kesenjangan sosial di tengah masyarakat. 

Bupati menyampaikan hingga tahun 2017 di Kabupaten Bogor terdapat 658.381 usaha mikro, 57.804 usaha kecil dan 9.482 usaha menengah. Sejauh ini potensi UMKM tersebut berkembang cukup baik dan berdaya saing, dengan dukungan pembinaan yang intensif oleh perangkat daerah yang berkompeten. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bogor Ronny Sukmana menuturkan penyelenggaraan kegiatan ini selain untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat yang ingin membeli produk murah, juga sebagai ajang pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki produk atau kerajinan.

Produk yang dipasarkan di pasar murah ini diantaranya jenis makan dan minuman serta produk kerajinan dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau masyarakat.  Diantaranya, seperti paket sembako, minyak, daging, telur, pakaian, dan hasil kerajinan.  Terlihat sebelum pembukaan Bazar, ratusan warga yang kebanyakan dari kalangan ibu-ibu rumah tangga sudah siap mengantri untuk membeli sembako dan paket lebaran.

“Untuk kegiatan Bazar Ramadhan kali ini yang ikut berpartisipasi antara lain 100 UMKM Binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, 5 Toko Modern, IWAPI dan beberapa Komunitas,” ucap Ronny.

Selain itu Pemerintah kabupaten Bogor juga memberikan bantuan kepada warga sekitar yang membutuhkan dimana bantuan secara simbolis diberikan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Ronny Sukmana. (dwitama) 
Diberdayakan oleh Blogger.