header_ads

Linguaphone.id

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Perhelatan HUT Minapolitan Ke-8 Tahun 2018

 Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor menjadi salah satu dari 197 kabupaten/kota yang ditetapkan menjadi kawasan minapolitan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Kegiatan perikanan budidaya air tawar di kawasan minapolitan tersebut sudah cukup berkembang pula rangkaian kegiatan perikanan mulai dari hatchery, pembesaran, pengolahan dan pemasaran sudah mulai berjalan. 

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bogor Nomor : 523.31/227/Kpts/Huk/2010, Sebagai minapolis atau pusat kotanya dipilih kecamatan Ciseeng, pada tanggal 20 Maret 2014 Pemerintah Kabupaten Bogor telah meresmikan sentra minapolis di Kecamatan Ciseeng. 

Sektor perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Bogor. Hal ini menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu penciri kabupaten termaju di Indonesia. 

Minapolitan merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan sistem dan manajemen kawasan dengan prinsip integrasi, efisiensi, kualitas dan akselerasi tinggi. Minapolitan merupakan upaya percepatan pengembangan wilayah dengan kegiatan perikanan sebagai kegiatan utama dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong keterkaitan desa-kota dan berkembangnya sistem dan usaha minabisnis yang berdaya saing berbasis kerakyatan, berkelanjutan dan tersentralisasi dalam suatu kawasan.

Minapolis di Kecamatan Ciseeng

Pengembangan kawasan minapolitan adalah gerakan masyarakat dimana masyarakat memegang peranan utama dalam setiap kegiatan pembangunan kawasan yang diperkuat melalui pengelolaan kelembagaan dan kemitraan dengan pihak terkait. Selain itu peran pemerintah daerah sangat menentukan keberhasilan dalam pengembangan kawasan minapolitan yang berfungsi sebagai fasilitator, dinamisator dan motivator.

HUT Minapolitan Kabupaten Bogor Ke-8

Pada Bulan April 2018, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor menyelanggarakan kegiatan di kawasan Minapolitan dalam rangka HUT Minapolitan ke 8. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari berbagai pihak diantaranya Mitra Posikandu, PD. Pasar Tohaga dan masyarakat pembudidaya ikan di sekitar kecamatan Ciseeng dengan Unsur kepanitiaan seluruhnya dari masyarakat. Berbagai agenda dilaksanakan di Kawasan tersebut, antara lain adalah Temu Usaha Perikanan, Pelatihan CPIB, Penebaran ikan di Setu Balai Kambang, Simbolis pemberian paket bantuan benih/induk ikan ke masyarakat serta berbagai perlombaan. 

Ir.Hj.Siti Farikah,MM memberikan penghargaan secara simbolis  

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap sector perikanan dan juga pengoptimalan Minapolitan sebagai pusat pengembangan budidaya perikanan di Kabupaten Bogor. 

Ir.Hj.Siti Farikah,MM bersama para peserta kegiatan 

Dinas Perikanan dan Peternakan 
Kabupaten Bogor 
 
Ir.Hj. Siti Farikah, MM
Kepala Dinas

11/05/2018
11/06/2018
Diberdayakan oleh Blogger.