header_ads

Linguaphone.id

HMI Bogor Kritik Pelayanan eKTP

 HMI
Pengurus HMI Kota Bogor saat pelantikan 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kota Bogor menyesalkan lambatnya penanganan terhadap pengadaan elektronik Kartu Tanda Penduduk (eKTP) di Kota Bogor.

Ketua Umum HMI Cabang Kota Bogor, Saepul Wahyudin Putra mengatakan, terlambatnya retribusi eKTP bermula dari kosongnya blangko yang langsung dari Kementerian Dalam Negeri. Namun meski hal itu sudah dicukupi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor saat ini mengalami kendala lain, seperti habisnya tinta untuk mencetak eKTP.

Menurutnya, permasalahan eKTP ini makin menjadi terlebih menjelang Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan berlangsung pada 27 Juni mendatang. Sebab, salah satu syarat hak kepemilikan suara dengan menunjukan kartu eKTP.

“Namun hingga saat ini masyarakat yang akan membuat eKTP dan melakukan perpanjangan hanya diberikan kertas selembar KTP sementara,” kata Saepul dalam keterangannya, Senin (28/05/2018).

Kata Saepul, terkait penyelesaian permasalahan ini sempat ditanyakannya kepada Pemerintah Kota Bogor melalui Sekretaris Daerah. “Sekda mengatakan bahwa permasalahan eKTP ini sedang masuk dalam pembahasan serta akan dibuatnya kemudahan pihak ketiga untuk membantu mengadakan tinta yang memang secara anggaran Pemkot Bogor tidak ada,” ungkap dia.

Untuk ini, HMI Cabang Kota Bogor mendesak agar Pemkot Bogor segera menyelesaikan permasalahan eKTP ini. “Kami atas nama HMI Cabang Kota Bogor, mendesak pihak-pihak terkait untuk segera menyelesaikan masalah ini dengan diberikan masa waktu sampai dengan bulan Juni 2018,” tegasnya. (*/erick) 
Diberdayakan oleh Blogger.