header_ads

Linguaphone.id

Geopark Pongkor Bogor


BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Kementerian Kodinator Maritim, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Kementerian Pariwisata dan UBPE PT Antam Pongkor Tbk yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor menggencarkan pembangunan Geopark Pongkor. 

Nama Pongkor berasal dari Gunung Pongkor yang merupakan gunung api purba dengan status gunung tidak aktif sejak 30 juta tahun silam. Tim Geologi Pakuan yang merupakan salah satu penyusun Geopark Pongkor menerangkan bahwa nama Pongkor memiliki nilai lebih dari segi geologi dibanding pilihan nama-nama lainnya.

Geopark Pongkor meliputi 15 wilayah Kecamatan dan 72 Desa di Kabupaten Bogor yang mengangkat tema yang beragam, meliputi evolusi busur magma quarter berasosiasi dengan mineralisasi logam mulia tipe Pongkor. Berdasarkan tema evolusi busur magma quarter berasosiasi dengan mineralisasi logam mulia tipe Pongkor kami menperkirakan Geopark Pongkor terbentuk dari 30 juta tahun yang lalu dari peristiwa atau dinamika tektonik. 

Kawasan lembah dan dataran yang ada di 15 kecamatan dan 72 desa ini sangat layak menjadi objek wisata seperti Pabangbon, Kebun Teh Cianten, Curug Seribu, Curug Cigmaea, Kawah Ratu, Curug Nangka, Curug Cikawung, Curug Berundag, Curug Sawer, Bukit Cibodas, Gua Gedawang, Gunung Dahu, Gunung Dango. Curug Cibiit dan lainnya.


Lembah maupun dataran ini di bagi dalam cluster-cluster dari 91 lokasi objek wisata, dan dinyatakan 33 objek wisata yang masuk dalam situs geologi. Yang masuk dalam situs geologi ialah objek wisata yang terbentuk secara alami, mengandung komponen keragaman geologi tertentu, unik, langka dan memiliki keilmuan yang tinggi. 

Alasan lain nama Pongkor dipilih akan menjadi daya tarik tersendiri bagi dunia internasional karena endapan emas di Gunung Pongkor merupakan hasil endapan epiternal sulfider rendah tupe urat yang berasosiasi dengan mineral matter. 

Geopark Pongkor memiliki warisan geologi dan karakteristik bentang alam yang meliputi patahan geologi, adanya aktifitas magma, lembah dan dataran hingga layak menjadi objek wisata geopark. Bentang alam (berbukitan) Geopark Pongkor itu akibat proses patahan tektonik maupun proses magnatis yang terjadi pada jutaan tahun lalu. Ini adalah warisan bangsa yang diharapkan Geopark Pongkor dapat masuk dalam geopark nasional. 

Lokasi penambangan emas Pongkor 

Mengenai Pascaizin Usaha Penambangan UBPE PT Antam Pongkor Tbk yang akan habis pada tahun 2021, maka lokasi penambangan dan pengolahan emas tersebut akan disulap menjadi museum tambang, dan masuk dalam cluster utama Geopark Pongkor. Lubang-lubang galian tambang emas yang berada dalam kawsasan UBPE PT Antam Pongkor Tbk akan kami sulap menjadi museum tambang dan ini sudah dimulai. Selain itu di Kawasan Wisata Cikaret (Kawaci), Gunung Dango dan Gunung Dahu juga mengandung nilai-nilai geologi yang cukup tinggi. 


Sumber: 
Tim Geologi Pakuan 
salah satu penyusun Geopark Pongkor
Diberdayakan oleh Blogger.