header_ads

FK3I Jabar Protes Aksi Penebangan Pohon Kawasan Konservasi

Penebangan pohon di hutan konservasi 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Penebangan pohon yang dilakukan oleh Star Energy Kamojang di Kawasan Konservasi Cagar Alam Kamojang dan Papandayan (Darajat) Garut, Jawa Barat diminta untuk dihentikan.

Permintaan tersebut dilontarkan oleh Badan Pengurus Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (BP FK3I) Jawa Barat. BP FK3I dalam hal ini menolak keras rencana Perusahaan Geothermal yang akan menjadikan kawasan tersebut menjadi taman wisata alam.

Menurut Ketua BP FK3I, Dedi Kurniawan, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh pemuda dan para mahasiswa Pasir Wangi, Kabupaten Garut, mengaku menemukan perluasan ekploitasi yang dilakukan oleh Star Energy Kamojang di Sumur 4.

Alat berat nampak angkuh ditengah kerusakan ekologis 

"Dilokasi, kami menemukan ada perluasan ekploitasi yang dilakukan oleh Star Energy, hilangnya beberapa pohon dan masuknya alat berat di Kawasan Cagar Alam Kamojang dan Papandayan. Ini jelas sudah menyalahi aturan yang sesuai dengan UU KSDAE dan UU Kehutanan," ungkap Dedi, Rabu (02/05/2018).

Dedi pun menegaskan, jika pekerjaan pembangunan terus dilakukan, maka pihaknya bersama masyarakat sekitar akan terus berupaya menghalangi sampai akhirnya mendapatkan penjelasan yang sesuai.

"Kami minta pembangunan segera dihentikan. Kami akan mempertanyakan siapa disini yang memberi izin penebangan pohon, masuknya alat berat dan payung hukum ekplotasi panas bumi di dalam cagar alam ini," tegasnya.

Ia menambahkan, BP FK3I akan terus mendesak UPT KLHK dalam hal ini BBKSDA Jawa Barat untuk segera mengambil tindakan tegas.  "Jika tidak, kami mensinyalir kegiatan tersebut diketahui oleh pihak BBKSDA Jawa Barat," ucapnya.

Perbuatan melawan hukum yang merusak alam 

Seiring rencana penurunan status Kawasan Konservasi di sebagian wilayah Kawasan CA Kamojang dan CA Papandayan (Darajat) yang dianggap hanya untuk kepentingan proyek ekploitasi panas bumi dianggapnya belum mendapatkan SK dari kementrian, sehingga kegiatan yang dilakukan pihak Star Energi adalah tindakan melawan hukum.

"Jika proyek strategis nasional pemenuhan listrik sebagai proyek pemerintah pusat harusnya mempertimbangkan aspek lingkungan, jangan karena proyek nasional segala aturan dilanggar," pungkasnya.

Tuntutan Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Jawa Barat terkait proyek Star Energy Kamojang: 

1. Menolak rencana penurunan status kawasan cagar alam menjadi taman wisata alam di CA Kamojang dan CA Papandayan. 
2. Meminta Star Energy menghentikan perusakan cagar alam untuk kepentingan sepihak. 
3. Meminta UPT KLHK memeriksa dan memberikan penjelasan terkait kejadian yang terjadi di lapangan. 
4. Meminta Gubernur Jawa Barat, Bupati Garut, Bupati Bandung dan DPRD Jawa Barat untuk mengambil langkah pemanggilan terhadap perusahaan dan BBKSDA. 

FK3I temukan pohon - pohon yang ditebang 

erick


Diberdayakan oleh Blogger.