header_ads

Linguaphone.id

Situ Cikaret Dicemari Sampah

Pengunjung merasa tidak nyaman akibat sampah 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Keindahan Situ Cikaret dinodai dengan tumpukan sampah. Pengunjung yang berekreasi di lokasi ini menjadi tidak nyaman oleh bau busuk sampah di sepanjang tepi Situ bersejarah itu. 

Situ Cikaret terletak diperbatasan Kelurahan Harapan Jaya, Kelurahan Pakansari, dan Kelurahan Tengah ini tak lagi indah dan bersih akibat sampah bertebaran disekitar area tersebut. 

Syamsu (38) warga Kelurahan Tengah menyesalkan banyaknya tumpukan sampah yang bertebaran di tepian Situ Cikaret. "Saya biasa mancing disini setiap hari libur, banyak juga yang datang kesini untuk berekreasi menikmati indahnya panorama Situ Cikaret. Tapi, kenapa kebersihan tidak dijaga dan sampah tidak di angkut pihak berwenang," keluhnya, Minggu (08/04/2018) 

Pengunjung yang sedang berlibur bersama keluarga juga mengeluhkan hal yang sama. "Sekarang malah banyak sampah entah dari mana sampah itu berasal. Ini kan bikin pengunjung tidak nyaman sebab Situ Cikaret jadi tidak indah tercium aroma tak sedap dan sehat lagi akibat sampah," ujarnya. 

Ketua Gerakan Persaudaraan Putra Pribumi (GPPP) Kabupaten Bogor, Rahmat Gunawan, SH, mengaku kecewa terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Bogor yang belum konsisten melestarikan Situ Cikaret. "Situ ini banyak membawa manfaat bagi kehidupan. Masyarakat memanfaatkan Situ Cikaret sebagai ladang usaha mencari nafkah seperti menjala ikan, mengurung ikan (mengkong), mancing atau menjaring ikan yang hasilnya dikonsumsi sendiri atau langsung dijual. 

Dirinya menjelaskan Situ Cikaret juga berpotensi sebagai lokasi pariwisata berbasis masyarakat (desa wisata) diharapkan akan dapat lebih menambah daya tarik dan khasanah Situ Cikaret sebagai sentral pengembangan kegiatan pariwisata yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana desa wisata. 

Untuk diketahui, berdasarkan data dari kantor Pengelola Sumber Daya Air (PSDA), luas permukaan Situ Cikaret pada tahun 2006 sekitar 25 Ha dan pada tahun 2007 mengalami pelebaran menjadi 29.50 Ha karena ada pengerukan oleh Kementerian Pemukiman, tapi pada 2008 mengalami penyempitan kembali menjadi 18.91 Ha dengan keliling 3,325 M, dengan Titik Koordinat 6"28'12.93'S dan 106"50'05.34'T. 

Situ Cikaret adalah danau yang mendapatkan perhatian khusus dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga mempunyai nilai sejarah. (als) 


Diberdayakan oleh Blogger.