header_ads

Ratusan Lahan Akan Dibebaskan Untuk BORR IIIA

174 Bidang Tanah Akan Dibebaskan 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Sebanyak 174 bidang tanah dengan luas lahan sebesar 53.000 di Kelurahan Kayu Manis dan Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor akan dibebaskan.

Pembebasan lahan yang dilakukan itu guna melanjutkan pembangunan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA  mulai dari Simpang Yasmin hingga Semplak.

"Di Kelurahan Cibadak ada 49 bidang dengan luas lahan 23.000 meter, dan Kelurahan Kayu Manis ada 84 bidang luas 30.000 meter," ujar Camat Tanah Sareal, Asep Kartiwa kepada wartawan didalam sosialisasi pengadaan tanah (pemberitahuan awal) yang dilakukan di Bukit Cimanggu City, Kamis (26/04/2018).

Sosialisasi ini, lanjut Aska panggilan akrabnya, merupakan tahapan awal sebelum dilakukannya pembangunan tol BORR Seksi IIIA. "Sementara untuk berapa jumlahnya masih kita inventarisasi," ucap Aska.

Sementara itu, dikatakan Asep Saepudin, Kasubag Kependudukan Pertanahan dan Pemerintah Desa Biro Pemerintahan dan Kerjasama pada Sekretaris Daerah Jawa Barat (Setda Jabar), sebelum dilakukannya pekerjaan, tentu ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama, pra persiapan, pemberitahuan awal (sosialisasi), tahapan pendataan awal dan konsentrasi publik.

"Setelah itu baru diterbitkan penetapan lokasi oleh Gubernur dan selanjutnya diserahkan kepada instansi pemohon. Kewajiban Gubernur hanya dalam tahapan persiapan. Sementara untuk dokumentasi perencanaan disusun oleh instansi pemohon, tahapan pembebasan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN)," katanya.

Persiapan ini, lanjutnya, berdasarkan Undang-Undang No 2 Tahun 2012, Peraturan Presiden (Perpres) No 71 Tahun 2012 dan Peraturan Gubernur No 32 Tahun 2013 tentang petunjuk teknis pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. "Kewajiban dan segala sesuatunya dari Kementrian PUPR. Kami disini diminta untuk melaksanakan tahapan persiapan yang sesuai amanat Undang-Undang tadi," ungkapnya. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.