header_ads

Lebaran.id

Pemohon Akta Kelahiran Menginap Di Jalan Tegar Beriman

Inisiatif pemohon demi nomor antrian 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Tingginya animo masyarakat Kabupaten Bogor untuk mengurus Akta Kelahiran, membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor meningkatkan pelayanan tertib nomor antrian pendaftaran. 

Pantauan Berita Bogor, antrian panjang sudah terlihat di depan gerbang kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Bogor, Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong. Sejak petang hari, sejumlah masyarakat pemohon sudah mengantri di depan pintu getbang kantor pelayanan. 

Pemohon berinisiatif datang lebih awal ke kantor pelayanan dengan harapan mendapat nomor antrian. "Kita ramai-ramai berinisiatif datang lebih awal supaya besok pagi tidak telat pengambilan nomor antrian. Dalam satu jam sudah terkumpul sekitar 80 berkas, lalu tengah malam sudah lebih 200 berkas, dan pagi harinya sudah sekitar 400 berkas," kata Ody warga Desa Kalisuren Tajurhalang. Rabu (04/04/2018) sore. 

Dilokasi, tidak sedikit pemohon rela bermalam di dalam mobil rombongan masing-masing di sekitar Jalan Raya Tegar Beriman untuk mengurus berkas. "Saya tugasnya cuma 'ngaping' rombongan 7 mobil minibus yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu, anak-anak dan bayi berusia 6 bulan. Ya kadang ada ibu-ibu yang ngasih upah," ucap Eman warga Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan.  

Terpisah, Risma warga Desa Nanggung, dirinya bersama rombongan keluarga hendak mengurus akta kelahiran. "Kami dari Kecamatan Nanggung cukup jauh bolak balik, tak apa menginap didalam mobil ada juga yang di Masjid supaya besok paginya tidak terlambat mendapat nomor urut antrian," katanya.

Sedangkan pemohon dari rombongan berbeda mengaku adanya isu pemutihan akta kelahiran. "Katanya ada pemutihan akta kelahiran entah dari siapa sumbernya tapi memang itu isu yang beredar di masyarakat pedesaan. Ternyata saat saya tanya di Dinas Dukcapil itu hanya isu saja," kata Saefudin warga Kecamatan Megamendung yang dibenarkan pemohon lainnya, Ny.Titim.  (als)





Diberdayakan oleh Blogger.