header_ads

Dikotomi Islam dan Negara Sudah Selesai

Jaenal, Ketua Pelaksana Holaqoh Nasional 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Salah satu lembaga yang mengkaji isu-isu agama, bangsa dan negara menggelar Holaqoh Nasional di Gedung PPIB, Kota Bogor, Selasa (24/04/2018).

Adalah Darul Fattah, yang mengajak warga Bogor dari berbagai kalangan untuk menyadari bahwasanya isu Islam, Negara dan Bangsa sudah selesai tanpa adanya pendikotomian (pembagian atas dua kelompok yang saling bertentangan).

"Kegiatan ini bagian dari tanggung jawab kita sebagai anak bangsa untuk memberikan kesadaran bahwa kedepan jangan ada lagi pendikotomian antara agama dan bangsa," ucap Jaenal selaku Ketua Pelaksana Acara saat ditemui di PPIB.

Namun, kata Jaenal, lembaga kajian yang mengkaji isu-isu tersebut memang sering muncul seperti intoleran sesama warga negara Indonesia. Hal ini menurutnya, dapat memunculkan perbedaan-perbedaan yang tidak sama yang akhirnya menjadi lawan.

"Kalau sudah demikian ini merupakan sesuatu yang berbahaya. Oleh karenanya, lembaga ini (Darul Fattah) terus melakukan diskusi bersama sebagai bagian dari tanggungjawab moral sebagai anak bangsa," katanya.

Kedepan, lanjut Jaenal, melalui Holaqoh Nasional yang bertajuk Islam, Negara dan Bangsa Menjadikan Muslim Indonesia, tentunya bisa menjadi lebih baik lagi, tanpa adanya pendikotomian dan semakin menyadari eksistensi dan posisinya sebagai warga negara dengan tangungjawabnya masing-masing.

"Intinya, negara dan bangsa sangat tergantung dengan posisi agamanya itu sendiri," jelas Jaenal.

Holaqoh Nasional yang bisa memberikan kesadaran terkait dengan isu bangsa dan agama itu menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya, Prof KH. Nasarudin Umar (Rektor PTIQ, Imam Besar Masjid Istiqlal, Jakarta), DR, H. Imdadun Rahmat, peneliti, Jakarta dan KH. Khotimi Bahri, M.P (Sekret Komisi Fatwa MUI Kota Bogor). erick



Diberdayakan oleh Blogger.