header_ads

Linguaphone.id

Bogor Diguncang Gempa Hanya Simulasi Rangkaian HKBN 2018

Pelajar saat simulasi penanggulangan bencana 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Pemberitaan adanya gempa 5,4 SR di Bogor adalah tidak benar (Hoax). Kejadian yang sebenarnya adalah Simulasi penanggulangan bencana dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Becana Nasional (HKBN) Tahun 2018 melibatkan siswa sekolah dasar (SD).

Skenario latihan evakuasi dan simulasi bencana gempa yang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, usai Upacara Perngatan HKBN 2018 Tingkat Kabupatn Bogor, Kamis (26/04/2018) pagi. 

Dalam simulasi ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibantu puluhan relawan bencana nampak seperti sungguhan saat melakukan evakuasi serta mendirikan tenda darurat dan dapur umum di kawasan Gunung Mas, Cisarua, Puncak Bogor.

Sedangkan puluhan pelajar yang berasal dari SDN Gunung Mas Kecamatan Cisarua, Puncak Bogor ini sengaja turut terlibat saat kegiatan simulasi guna diberikan sosialisasi penyelamatan dini dan cara menempuh tindakan yang tepat dikala terjadi gempa. 

Sekda Kabupaten Bogor disela rangkaian HKBN 

Disela kegiatan, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Firmasyah menjelaskan, latihan evakuasi dan simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat khususnya para pelajar dalam penanggulangan bencana. 

Menurutnya, melalui simulasi bencana gempa ini supaya masyarakat mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terjadi bencana. Dengan diberikan pelatihan tentang kesiapsiagaan bencana sejak dini, para pelajar tidak panik saat terjadi bencana, bisa membuat jalur evakuasi di sekolah dan menyelamatkan diri serta mampu meminimalisir dampak dari bencana tersebut. (ch) 

Diberdayakan oleh Blogger.