Header Ads

Presiden Bagikan Sertifikat Tanah Warga

Jokowi bagikan sertifikat tanah gratis 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Sekitar 15.000 warga memadati Lapangan Sirkuit Internasional Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (06/03/2018). 

Pantauan di lapangan, ribuan warga yang berasal dari Kota dan Kabupaten Bogor sudah mulai memadati lokasi acara sejak pukul 07.00 WIB pagi. Kehadiran mereka guna memperoleh sertifikat tanah yang diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Ir.H. Joko Widodo mengatakan dulu pemerintah hanya memberikan sertifikat sebanyak 500 ribu setiap tahun. Jumlah ini sangat minim dibandingkan dengan jumlah lahan yang belum bersertifikat. Untuk itu pemerintah akan terus meningkatkan jumlah penerimah sertifikat lahan dari lima juta tahun lalu, tujuh juta tahun ini, dan sembilan juta tahun depan.

Presiden ingin segera memberikan sertifikat karena tak mau ada lagi sengketa tanah. Ia berharap masalah klasik itu segera berakhir. "Kalau sudah pegang ini, sudah enggak bisa apa-apa. Yang saya dengar sengketa ada masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan BUMN, karena rakyat tak pegang ini, kuncinya sertifikat," ucapnya.

Salahsatu warga Kecamatan Cibinong, Rahmat (40) mengaku senang atas program ini. Karena dianggapnya, proses mengurus sertifikat lahannya tidak sulit. “Mengurusnya sekitar satu bulan, tidak sulit dan tidak dipungut,” tuturnya kepada wartawan.

Dirinya mengatakan, hanya menyerahkan akta jual beli ke pihak RT. Kemudian, pengurus RT mengirimkan dokumen itu ke tingkat desa untuk diteruskan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dua pekan setelah penyerahan akta jual beli, tim petugas BPN melakukan verifikasi dengan cara pengukuran tanah. (red)


Diberdayakan oleh Blogger.