header_ads

Linguaphone.id

Pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat

BPBD Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan 
Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Guna meningkatkan kapasitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor dalam penguatan dan pemberdayaan kapasitas masyarakat di bidang Kesiapsiagaan bencana serta meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan relawan dalam penanggulangan bencana di masyarakat, BPBD Kabupaten Bogor menggelar pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat yang diikuti sebanyak 70 peserta bertempat di Hotel New Ayuda 2 Jl. Raya Puncak Desa Cipayung Kecamatan Megamendung pada Rabu (7/3/2018).

Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Bogor Koesparmanto menjelakan Penanggulangan bencana bukan hanya tugas aparat pemerintah, melainkan tugas semua pihak. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan respon masyarakat dalam penanggulangan bencana yang terjadi di wilayahnya, karena dalam mata rantai penyelamatan bencana peran serta masyarakat adalah sebagai penolong pertama, dan apabila salah satu rantai gagal dalam fungsinya akan menggagalkan jalannya rantai selanjutnya dan dapat berakhir pada kegagalan sistem penyelamatan”, jelasnya.

Untuk itu, Koesparmanto menghimbau agar dapat terjalinnya kemitraan yang baik anatara masyarakat dengan pemerintah sebagai salah satu solusi terbaik dalam manajemen bencana sehingga kebijakan yang telah ditentukan oleh pemerintah akan lebih mudah disampaikan dan diterapkan di masyarakat.

Ia juga berharap kegiatan pelatihan kali dapat terlaksana dengan baik, lancar serta bermanfaat bagi pengurangan risiko bencana di Kabupaten Bogor. “Saya berharap para peserta dapat berpartisipasi aktif karena kelak bapak ibu sekalian di wilayahnya akan berperan sebagai Satgas PB, tim Assessment dasar dan menjadi agen informasi penanggulangan bencana”, ujarnya dihadapan para peserta.

Sementara itu, Kepala Seksi Logistik pada BPBD Kabupaten Bogor Asep Usman menjelaskan Kegiatan kali ini dilaksanakan selama 4 hari dengan menghadirkan beberapa narasumber, antara lain Kepala Subdirektorat Penyelamatan dan Evakuasi BNPB, dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Provinsi Jawa Barat, serta instruktur dari Paskhas TNI AU Atang Sendjaja dan Kodim 0621.  (topik)
Diberdayakan oleh Blogger.