header_ads

Linguaphone.id

Kartunis Asal Bogor Sang Motivator

Kartunis Asal Bogor Patut Dijadikan Motivator

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Yongky Sui Khiong, seorang pelaku seni rupa yang patut dijadikan motivator. Bersama Lina Tjandra (istri tercintanya) pria kelahiran Pulau Bangka, 23 Februari 1970 itu kini hidup bersama kedua anaknya Kevin Yatama dan keisha Meivianna di salah satu perumahan yang ada di kawasan Bantar Kemang, Kota Bogor.

Yongky merupakan mahasiswa lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Fakultas Seni Rupa dan Desain Grafis tahun 1990. Hobi yang kini ia geluti bahkan bisa dijadikan penghasilan tambahannya itu yakni dengan membuat gambar kartun yang dituangkan kedalam komik.

"Pada saat itu saya harus memilih dan memutuskan hobi mana yang paling saya sukai antara Disain Grafis dan Jurnalistik. Karena saya suka menggambar, akhirnya Disain Grafis menjadi pilihan saya," ucap Yongky kepadaberitabogor.com, Sabtu (10/03/18).

Pada awalnya, kesenangan untuk mengaplikasikan sebuah gambar, semata-mata hanya untuk menyalurkan hobinya saja. Namun, seiring berjalannya waktu, karya-karya Yongky yang diaplikasikan kedalam sebuah komik memiliki nilai jual yang cukup menggiurkan. "Dari karya yang saya buat, ya lumayan buat nyari tambah-tambah," ungkap pria kartunis itu.

Dengan banyaknya hasil karya (kartun komik) yang dibuatnya berdasarkan apa yang dirasa dan dilihat disekitarnya itu, wacananya akan dibukukan dan di pamerkan disebuah event yang nantinya akan ia garap sendiri. "Mudah-mudahan wacana untuk menjadikannya sebuah buku komik itu terwujud," pungkasnya. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.