Header Ads

Hasil Survei PDAM dan LPPM Unpak

Terkait IPK Produk dan Jasa Pelayanan

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Melalui Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan (LPPM Unpak), PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor telah berhasil melakukan survei kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan pada Tahun 2017 yang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Tujuan daripada survei tersebut adalah untuk mengukur lndeks Kepuasan Pelanggan (IKP) terhadap produk dan jasa layanan, sebagai bagian dari penjaminan mutu PDAM kepada masyarakat.

"Survey kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan dilakukan dengan mengisi kuesioner dan wawancara secara langsung kepada pelanggan PDAM yang tersebar pada 6 Zona kerja PDAM," ucap R. Poppi Rustanti, Kasubag Humsos PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor dalam press release yang dilakukan di Gedung Rektorat, Universitas Pakuan Kota Bogor, Rabu (07/03/2018).

Responde yang dipilih, lanjutnya, tentu merupakan hasil daripada sampling yang dilakukan dengan jumlah responden mencapai 2374 dengan menggunakan Cluster Stratified Sampling.

"Metode pengolahan data dilakukan dengan Importance Performance Analysis untuk menilai tingkat Kinerja dan kepentingan. Tingkat kinerja dan kepentingan yang diukur dapat menentukan tingkat IKP untuk Produk dan Jasa Pelayanan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor," katanya.

Menurut Poppi, pengolahan data dari hasil survei IKP untuk Produk PDAM Tirta Pakuan menunjukan atau memiliki nilai sebesar 0,70 sedangkan untuk survei IKP Jasa Pelayanan mencapai sebesar 0,74.

"Artinya dari hasil survei IKP Produk dan IKP Jasa Pelayanan, maka pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor merasa atau dinyatakan puas terhadap keduanya. Oleh karena itu, hasil tersebut menjadi masukan untuk pengambilan keputusan yang dilakukan PDAM menjadi terarah dan aptikatif, sehingga Produk dan Jasa Pelayanan tetap dalam komdisi yang prima," pungkasnya. (erick)



Diberdayakan oleh Blogger.