Header Ads

Genjot Pembuatan Drainase RW 11 Ranggamekar

Drainase guna mengurangi dampak banjir

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Hampir disetiap musim penghujan, wilayah RW 11, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor kerap dilanda banjir. Banjir yang menjadi rutinitas warga disaat hujan turun disebabkan oleh saluran air (drainase) yang sempit (kecil). 

"Kenapa sering terjadi banjir, karena air yang masuk dan mengalir itu datang dari RW 05, 08, 09 dan 13. Sehingga, salurannya (drainase-red) tidak bisa lagi menampung air," ujar Rimau Gumelar, Ketua LPM Kelurahan Rangga Mekar, Kota Bogor kepada BeritaBogor.com, Rabu (21/03/2018). 

Menurut Rimau, secara geografis, wilayah tersebut memang berada di dataran rendah yang dibagi menjadi 3 RT dan dihuni oleh 143 Kepala Keluarga. "Sebagai upaya, akhirnya kami membuat sodetan yang diarahkan langsung ke sungai dengan menggunakan buis beton (hong) dengan diameter 50 cm dengan panjang 74,30 cm," kata Rimau. 

Saat ditanya anggaran, Rimau mengungkapkan, bahwa dana yang dipakai untuk pembuatan sodetan itu merupakan dana yang berasal dari Sarpras Kelurahan yang di swakelola oleh  Kelurahan bersama LPM. 

"Untuk pengerjaannya sendiri kurang lebih dilakukan selama 10 hari dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 6 orang. Tapi mudah-mudahan pekerjaan ini bisa cepat selesai agar wilayah RW 11 ini bisa terbebas dari banjir," pungkasnya. (erick) 

Diberdayakan oleh Blogger.