header_ads

Linguaphone.id

Bima Arya Dorong Seni Sablon Cukil

Pilot project demi menggaet wisatawan.

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Melihat potensi anak muda kreatif yang memiliki beragam talenta di wilayah Cikaret, Kelurahan Cikaret, Kota Bogor, calon Walikota Bogor, Bima Arya berjanji akan menjadikan 'Seni Sablon Cukil' sebagai pilot project demi menggaet wisatawan.

Rencana pengembangan dengan membuka saung kreatif untuk anak muda Bogor, Bima mengaku akan membuka saung tersebut di enam kecamatan yang ada di Kota Bogor. "Kedepan, salah satu program unggulan yang diperkenalkan di masa kampanye ini adalah saung kreatif anak muda dengan target perkecamatan minimal satu saung," ujar Bima, Kamis (22/03/2018).

Bima juga mengatakan, konsep saung anak muda yang penuh dengan kreatifitasnya akan digabungkan dengan warung makan atau kuliner. "Kalau dilihat di kota-kota lain yang sudah jalan seperti di Jogja, Bandung, itu hanya sebatas produksi kaos saja, sementara kita ingin kedepannya itu digabungkan dengan wisata alam dan juga kerajinan kuliner khas Kota Bogor. Jadi, nanti turis datang ketempat itu, makan, minum, ngopi, pesan kaos (bisa cetak langsung), jadi semuanya dapat," katanya.

Dengan begitu, lanjut Bima, tentunya bukan sekedar memperkenalkan tentang ikon Bogor, tapi juga lapangan pekerjaan. "Bisa dibayangkan jika ditiap kecamatan ini sudah mulai bergerak. Ini gagasan sudah ada beberapa tahun lalu, tapi kita akan fokuskan di lima tahun kedepan," ungkapnya.

Ditanya soal modal, Bima menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mempunyai skema permodalan yang dikucurkan oleh Dinas UMKM dan Ketenagakerjaan.

"Tapi kedepan saya tidak ingin hanya bersumber pada APBD. Ini kan saya sedang membangun suatu konsorsium juga disini, jadi dinas-dinas, Bank, perusahaan kita rangkul jadi satu payungnya untuk pusat kreatifitas Bogor dan nanti mereka akan dibina semua," jelasnya.

Sementara itu, Rizki Plagiat (salah satu motivator Seni Sablon Lukis) berharap, bahwa aspirasi seniman terkait ruang atau tempat untuk pelaku seni dapat diwujudkan.

"Kalau Kemuning Gading kan itu gedung serba guna, sementara saya yang mewakili seniman berharap kepada calon Walikota Bogor, Bima Arya dan pasangannya Dedie A Rachim, agar disediakannya ruang berkesenian dan berkebudayaannya yang nantinya bisa dijadikan sebagai wadah seniman," pintanya. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.