Header Ads

Apel Pagi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia

Kadinkes Kab.Bogor, dr. Hj. Tri Wahyu Harini 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Pemerintah Kabupaten Bogor memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia ke 136 tahun dengan membacakan materi sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Farid Moeloek di masing – masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada pelaksanaan apel pagi, Senin (26/03/2018)

Dalam.apel pagi pegawai dan petuhas penyebar brosur pencegahan penyakit TBC bertempat di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, drg. Hj. Tri Wahyu Harini, menyampaikan Sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, bahwa Tema yang diusung pada Hari TBC Sedunia tahun ini, yakni “Peduli TBC, Indonesia Sehat. 

Tema tersebut seiring dengan aksi, Temukan Tuberkolosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC)”, bermaksud untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat dalam mendukung Eliminasi TB di Indonesia serta menempatkan TBC sebagai isu penting di semua sektor pembangunan. Dimana hal ini sejalan dengan tema global Hari Tuberkulosis Sedunia tahun ini yaitu “Wanted: Leaders for a TB-free world. You can make history. End TB”.

Apel pagi Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dilanjutkan debgan kegiatan sosialisasi melalui penyebaran brosur kepada masyarakat. 

Berdasarkan laporan WHO 2017 diperkirakan ada 1.020.000 kasus di Indonesia, namun belum separuhnya terlaporkan ke Kementerian Kesehatan. Karena itu, gerakan Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC sangat dibutuhkan, perlu dipahami dan dilakukan oleh seluruh masyarakat. Fokus pencegahan dan pengendalian TBC adalah penemuan kasus dan pengobatan. Tolong temukan penderita TBC, diobati sebaik-baiknya sampai benar–benar sembuh. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menandatangani Komitmen Eliminasi TBC 2030.  

Upacara dilanjutlan dengan penandatangan Komitmen Eliminasi TBC 2030. Diharapkan peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia kali ini tidak hanya menjadi acara seremonial belaka. Serta, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, intensif dan penuh semangat di seluruh Indonesia. Dengan demikian, semua orang yang terduga TBC dapat ditemukan dan diobati sampai sembuh, sehingga mata rantai penularan TBC di masyarakat dapat diputuskan dan diakhiri guna mewujudkan Indonesia dan Dunia Eliminasi TBC 2030.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menandatangani Komitmen Eliminasi TBC 2030. 

(adv)



Diberdayakan oleh Blogger.