header_ads

Pemilik Lahan Tutup Jalan R3 Katulampa

Belum adanya kepastian ganti rugi sejak 2014 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Lantaran belum adanya ganti kerugian terkait pembebasan lahan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kepada pemilik lahan, ruas jalan Regional Ring Road (R3) yang ada di Kelurahan Katulampa ditutup.

Penutupan jalan yang dilakukan pada Rabu (14/02/2018) malam oleh H. Aab selaku pemilik lahan itu karena belum adanya kepastian ganti rugi sejak tahun 2014.

Sebelum benar-benar menutupnya dengan batu karang, H. Aab sudah melayangkan surat kepada Walikota Bogor guna menanyakan keseriusannya dalam menyelesaikan ganti kerugian tanahnya yang digunakan proyek tersebut, namun tidak ada tanggapan serius dari Pemkot Bogor untuk benar-benar menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Terakhir sebelum jalan saya tutup, pada 30 Januari 2018 saya sudah melayangkan surat kepada Walikota Bogor namun terkesan hanya memberikan harapan kosong saja tanpa adanya realisasi," kata H. Aab saat ditemui media di lokasi penutupan jalan R3, Kamis (15/02/18).

Sementara itu, lanjut H. Aab, kesepakatan yang dibuat antara pemilik tanah dengan Pemkot Bogor pada 2014 lalu, kesepakatan pemberian ganti kerugian itu dilakukan dengan cara ruislag (tukar guling) dengan tanah milik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

"Kesepakatannya yaitu ruislag. Jika masih kurang luasnya, maka kekurangan sisanya dibayarkan dengan uang. Tapi mana kom sampai sekarang malah terus memberikan harapan kosong (PHP)," katanya.

Sementara itu, Plt Walikota Bogor, Ir. Usmar Hariman yang meninjau lokasi penutupan jalan pada Kamis (15/02/18) sore, menyampaikan bahwa Pemkot Bogor akan melakukan sebuah upaya dengan cara mediasi bersama pemilik lahan tersebut.

"Mudah-mudahan semua ini ada titik temunya. Draft kesepakat bersama pemilik lahan sudah di buat. Bahkan beliau, pemilik lahan sudah mempelajari kemarin malam. Mudah mudahan apa yang kita tandatangani bersama dapat menyelesaikan masalah,” jelas Usmar yang di dampingi Sekdakot Bogor, Ade Sarip beserta jajaran Muspika Bogor Timur. (erick)

Diberdayakan oleh Blogger.