header_ads

Linguaphone.id

Pertumbuhan Ekonomi Jabar 2017 Meningkat

Indeks Kondisi Ekonomi dari 113 ke 117

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com -
Hasil survei yang dilakukan Bank Indonesia mengindikasikan bahwa pertumbuhan ekonomi Jawa Barat hingga akhir triwulan IV 2017 mengalami peningkatan dibanding triwulan sebelumnya.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Wiwiek Sisto Widayat mengatakan, berdasarkan survei konsumen, mengindikasikan bahwa secara umum optimisme konsumen mengalami peningkatan pada akhir triwulan IV 2017 yang tercermin dalam Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Jawa Barat berada pada level 134 meningkat dari sebelumnya 127.

"Kondisi ini didorong oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Sesaat Ini (IKE) dari 113 menjadi 117, serta Indeks Ekspektasi Konsumen dari 142 menjadi 151," ucap Wiwiek, kepada wartawan di Gedung BI Jabar, Selasa (09/01/2018).

Menurut Wiwiek, hasil survei penjualan eceran pada pertengahan triwulan 2017 mengindikasikan terjadinya pertumbuhan tahunan penjualan eceran  sebesar -4,5% (yoy) dan Indeks Penjualan Riil (IPR) tercatat menurun dari bulan sebelumnya dari sebesar 289,6 menjadi 285,8 yang disebabkan turunnya permintaan masyarakat sehingga berdampak pada penurunan volume penjualan produk. "Kinerja penjualan eceran diprediksi meningkat pada akhir triwulan IV 2017 yang dipicu karena tingginya kebutuhan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru," katanya.

Sedangkan dari hasil survei sektor kegiatan dunia usaha, pada triwulan IV 2017 mengindikasikan kegiatan usaha di Jawa Barat secara triwulanan tumbuh meningkat dibandingkan periode sebelumnya yang tercermin dari saldo bersih tertimbang (STB) sebesar 15,73%, lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya sebesar 13,02%. "Secara sektoral, sektor industri pengolahan dan perdagangan, hotel dan restoran (PHP) menjadi pendorong utama peningkatan terasebut," tuturnya. (red)
Diberdayakan oleh Blogger.