header_ads

Linguaphone.id

Peresmian Program Kotaku dan Rutilahu

Program Kotaku dan Rutilahu 

BERITA BOGOR -www.beritabogor.com - Dalam UU Nomor 1 tahun 2011 menyebutkan setiap warga negara berhak dan kewajiban negara memenuhi hak warga negara.  

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Deddy Mizwar meresmikan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu)yang berlokasi di Kebon Manggis RT 04/04, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (21/12/2017).

Menurut Deddy, dalam amandemen UUD 1945 pasal 28 ayat mengatakan, setiap warga negara berhak hidup sejahtera lahir dan batin. Bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat yang merupakan kebutuhan dasar manusia untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, mandiri dan produktif.
Untuk memenuhi hak warga negara  dan amandemen UUD 1945, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui program Rutilahu dan Kotaku (Kota Tanpa Kumuh). Program ini merupakan perwujudan dari Suistanable Development Gold (SDG) bahwa lingkungan itu masalah yang harus diperhatikan.

“Penyakit atau orang sakit 45 persen dipengaruhi oleh lingkungan hidup. 30 persen dipengaruhi perilaku atau gaya hidup. Jadi 70 persen  sebagian dipengaruhi oleh lingkungan. Kalau manusia sakit berarti tidak produktif maka biaya dari APBD, APBN hanya mengobati orang sakit yang tidak produktif. Berarti kita tidak bisa membangun karena dana habis digunakan untuk mengobati orang-orang sakit dan tidak produktif. Jadi untuk menyelamatkan manusia yang produktif, berjati diri dan mandiri kita harus memperbaiki lingkungan melalui program Kotaku dan Rutilahu serta Sanimas,” bebernya.

Deddy menyebutkan, Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia. Jumlahnya mencapai 47 juta jiwa atau 2 kali jumlah penduduk benua Australia. Begitupun Kota Bogor yang saat ini sudah padat penduduknya. Karena itulah program Kotaku dan pembenahan Rutilahu menjadi sangat penting.

Dedi berharap, program Kotaku dan Rutilahu yang telah digulirkan dan diresmikan pada hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kebon Manggis Kelurahan Paledang Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor.

Hadir mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kepala Disperumkim Kota Bogor Boris Derarusman dan Lurah Paledang Arief Effendi. (chris)
 

Diberdayakan oleh Blogger.