Header Ads

Natal, Dinkes Terjunkan 200 Tenaga Medis

Sekdis Lepas 200 Tenaga Medis 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor lakukan persiapan pengamanan natal dan tahun baru. Dengan mengecek perlengkapan mobilitas ambulance, launcing motor Puskesmas Keliling (Pusling) dan apel kesiagaan di halaman Dinkes Kabupaten Bogor. Serta menyiapkan 200 tenaga medis yang akan diturunkan disejumlah Pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru mendatang. Kamis, (21/12/2017).

Kepala Bidang P2PKL Dinkes Kabupaten Bogor, dr. Kusnadi mengatakan, pihaknya akan menurunkan 100 tenaga medis dokter, 200 perawat dan 40 driver ambulan yang akan bertugas di Pos Pengamanan (Pospam) titik jalur mudik, dan 20 ambulan yang disiagakan.

“Pengamanan akan kami lakukan mulai dari Jalur Puncak, Jonggol, Parung, Jakarta dan Sukabumi. Serta Pospam di tiap Kecamatan dan Puskesmas yang diintegrasikan dengan Polres Bogor. Mereka akan bersiaga selama 24 jam dengan sistem siff atau piket,” Kusnadi menegaskan.

Kusnadi menambahkan, pihaknya juga melaunching 40 buah motor Pusling untuk masing-masing Kecamatan, guna meningkatkan kegawatdaruratan medik. Artinya mobilitas motor Pusling itu berfungsi dalam menangani kasus kegawatdaruratan secara cepat sebelum dibawa ke ambulan.

“Mulai besok, tim kita bersama dengan pihak Polres Bogor, jajaran Pemkab Bogor mulai siapsiaga.  Dengan menggelar Apel Kesiapsiagaan skala besar di Lapangan Tegar Beriman, karena pengamanan ini akan dilakukan hingga seminggu setelah tahun baru mendatang. Kusnadi memaparkan.

Pihaknya berharap, tahun ini bisa menekan berbagai hal negatif dan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, lengkapi perlengkapan berkendara harapan angka kecelakaan menurun.

“Sehingga masyarakat dalam merayakan liburannya bisa tenang, aman, nyaman, tanpa ada hal-hal negatif apapun,” imbuhnya

Sementara itu, Tim medis puskesmas Cimandala neneng menuturkan, pembagian tugas pengamanan natal dan tahun baru dilakukan setiap harinya selama 24 jam dengan membagi dua siff pagi dan sore.

“Alhamdulilah sangat siap, kelengkapan sudah kami cek satu persatu mulai dari Ambulan, oksigen hingga kelengkapan kecil seperti kain kasa, alcohol, obat-obatan dan lainnya. Pengecekan telah dilakukan baik secara internal maupun jajaran Dinkes Kabupaten Bogor,” terangnya.

Katanya, pihaknya sangat mengapresiasi adanya motor Pusling karena dapat mempercepat penanganan kedaruratan. “Tim yang bertugas tidak saja seluruh tenaga kesehatan UPT Puskesmas Cimandala, tetapi kami juga dibantu oleh tim medis dari UPF Puskesmas Cimandala juga.” Kata Neneng. (dewi)

Diberdayakan oleh Blogger.