header_ads

Linguaphone.id

Maskot Pilkada Kota Bogor 2018

Mang Uncal dan Bi Uncal

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Mang Uncal dan Bi Uncal resmi menjadi maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota dan Wakil Walikota Bogor 2018.

Keduanya merupakan sosok binatang yang dianggap memiliki dinamika tinggi dan juga mampu dengan kencang disaat berlari, yang nantinya bisa menjadi harapan untuk warga Kota Bogor sebagai penyangga Kota Metropolitan.

"Penetapan binatang Kijang atau dalam bahasa daerahnya adalah Uncal secara visualisasi yang mengandung harapan bahwa pemimpin Kota Bogor harus gesit, lincah dan progresif serta bisa berlari kencang, supaya Kota Bogor bisa tampil di pentas nasional sebagai kota yang selalu terdepan di segala bidang," ungkap Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna usai melaunching Pilkada 2018 di Braja Mustika, Kota Bogor, Senin (18/12/2017).

Uncal juga dikenal sebagai hewan yang sangat konsisten dengan jalan yang dilaluinya, hewan yang sangat adaptif terhadap berbagai habitat dan mampu bertahan hidup di habitat baru, hidup sederhana, mampu hidup dalam sebuah komunitas besar, dapat hidup bersatu dan lain sebagainya.

"Maskot ini di visualisasikan sepasang rusa atau uncal yang diberinama Mang Uncal dan Bi Uncal. Mang Uncal digambarkan memiliki tanduk lurus, menjulang, kokoh dan menyerupai senjata khas tatar sunda yaitu Kujang. Hal ini mengandung makna bahwa tanduk uncal adalah mahkota yang merupakan senjata yang digunakan untuk mempertahankan hidup dari pihak lain," jelasnya.

Sementara Bi Uncal, lanjut Undang, sosok rusa betina yang mengenakan kain batik khas Bogor dan mengilustrasikan sosok perempuan yang memiliki nilai budaya masyarakat Kota Bogor yang ramah, lembut dan melayani namun tegas dalam  bersikap dan selalu siap menghadapi perubahan yang akan menghantarkan masyarakat Kota Bogor ke pentas nasional bahkan internasional.

"Dengan demikian, Mang Uncal dan Bi Uncal merupakan simbol warga masyarakat Kota Bogor yang harmoni, selaras dan saling melengkapi dalam menjalani kehidupan dan siap berjuang," pungkasnya. (erick)
Diberdayakan oleh Blogger.