Header Ads

Jalur Ganda KA Bogor Sukabumi

Aher mendampingi Presiden  

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com -  Pembangunan Groundbreaking pada jalur rel ganda Kereta Api (KA) sepanjang total 57 kilometer mulai dari Cigombong Bogor hingga Cicurug Sukabumi mulai dibangun. 

Usai mendampingi Presiden Jokowi dilokasi peresmian, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengungkapkan, pengembangan jalur ganda KA Bogor - Sukabumi merupakan bagian dari revitalisasi jalur KA Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang yang secara jalur besarnya merupakan bagian dari lintas KA Bogor - Yogyakarta.

Pada jalur KA Bogor - Sukabumi - Padalarang sepanjang kurang lebih 140 km, jalur yang kini aktif sepanjang 95 km yang membentang dari Bogor sampai Cianjur. Sedangkan jalur yang belum aktif sepanjang 45 km membentang dari Cianjur ke arah Padalarang.

"Pada jalur aktif Bogor - Sukabumi sepanjang 57 km ini dengan perjalanan frekuensi KA penumpang tiga kali perjalanan pulang pergi perhari dan untuk jalur Sukabumi - Cianjur sepanjang 38 km telah beroperasi KA Siliwangi dengan frekuensi tiga kali perjalanan pulang pergi perhari. Ini sudah sangat membantu masyarakat untuk mengatasi kemacetan," ungkapnya, kemarin.

Gubernur berharap pembangunan jalur ganda KA Bogor - Sukabumi dan revitalisasi Cianjur - Padalarang dapat mengurangi kepadatan angkutan pada jalur mobil dan motor. "Kami juga berharap pembangunan ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Bogor ke Sukabumi yang semula 2 jam menjadi 1 jam," harapnya.

"Ini adalah jalur yang sangat spesial bagi saya yang terlahir di Sukabumi dan sepanjang 10 tahun terakhir ini Bogor -Sukabumi adalah kawasan yang paling macet jadi jalur ganda KA ini betul-betul penyelesaian, kabar baik bagi masyarakat," tambah Aher.

Usai melaksanakan grounbreaking, presiden Jokowi, Menteri PUPR dan Gubernur Jabar meninjau proyek bendungan sukamahi di daerah Gadog dan bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor. (humas)

Diberdayakan oleh Blogger.