Header Ads

Implementasi Good Corporate Governance

PDAM Tirta Kahuripan 
Implementasi Good Corporate Governance

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti meminta Good Corporate Governance pada dasar merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberhasilan suatu perusahaan dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas manajemen perusahaan. Maka, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan harus dapat menjalankan perannya dengan baik sebagai salah satu perusahaan daerah di Kabupaten Bogor.

“fungsi dari penerapan Good Corporate Governance sebagai faktor penggerak roda organisasi perusahaan adalah mendorong terlembaganya visi, misi dan tujuan perusahaan serta menjamin agar pelaksanaan tata kelola perusahaan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip transparan, akuntabel, bertanggung jawab, independen dan setara,”katanya penandatangan pertanyataan komitmen bersama implementasi Good Corporate Governance di lingkungan PDAM Tirta Kahuripan, bertempat di Pendopo Bupati Bogor, Cibinong pada Rabu (20/12/2017).

Ia juga meminta guna mempercepat pencapaian tujuan Good Corporate Governance sebagai budaya perusahaan di lingkungan PDAM Tirta Kahuripan,tentunya diperlukan kebernaian dalam membangun manajemen perubahan, termasuk dalam aspek pelayanan pelanggan. Kedepan, kiranya dapat dipertimbangan agar seluruh proses pelayanan pelanggan dan manajemen perkantoran di PDAM Tirta Kahuripan dilakukan secara elektronik atau online.

“tujuannya tidak lain adalah untuk mempermudah manajemen perusahaan serta menyelaraskan diri dengan perkembangan zaman dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” katanya.

Nurhayanti juga berharap penandatangan pernyataan komitmen bersama implementasi Good Corporate Governance sebagai budaya perusahaan di lingkungan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mampu menguatkan komitmen seluruh jajaran badan pengawas, direksi, manajem dan staf PDAM Tirta Kahuripan untuk melembagakan nilai-nilai Good Corporate  Governance secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam meningkatkan kinerja perusahaan, baik dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah, maupun dalam menjamin kepuasan pelanggan.

“saya berharap seluruh jajaran PDAM Tirta Kahuripan agar mematuhi pernyataan komitmen bersama ini seoptimal mungkin agar implementasinya mampu membudayakan Good Corporate Governance di lingkungan perusahaan serta meningkatan apresiasi  masyarakat terhadap PDAM Tirta Kahuripan sebagai pelayanan publik berbudaya prima,” harapnya.

Sementar itu, Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Hasanudin Tahir mengatakan ada prinsip Good Corporate Governance yang perlu kita ketahui dan hayati dalam menjalankan tata kelola perusahaan yaitu prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian (independensi), serta kewajaran dan kesetaraan, yang jika diterapkan dan iinternalisasi secara baik dan benar oleh suatu perusahaan maka diharapkan akan membawa perusahaan tersebut kearah kemajuan, menciptakan suasana kondusif bagi kelancaran pengeloalaan bisnis perusahaan termasuk meningkatkan daya saing, menjadai salah satu daua tarik investor dan para kreditor untuk mau meminjamkan/menginvestasikan dana kepada perusahaan.

Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan juga mengatakan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance  akan meningkatkan citra dan kinerja perusahaan antara lain berupa pembentukan image, peningkatan kepercayaan dari pemasok dan pelnggan, penciptaan iklim kerja yang sehat, peningkatan iklim kerja yang sehat. (andi)

Diberdayakan oleh Blogger.