header_ads

Linguaphone.id

Dewan Tinjau Rumah Nyaris Roboh

Dewan Kunjungi Rumah Nyaris Ambruk 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Setelah ditinjau Camat Bogor Selatan dan Lurah Rangga Mekar, kini giliran Komisi 1 DPRD Kota Bogor, TB. Muhammad Alex Solihin meninjau rumah warga milik Ismail dan Emma Marlina di Jalan Sarigading, RT04/07, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang nyaris ambruk.

Menurut Alex, respon yang sudah dilakukan dengan melakukan peninjauan beberapa hari lalu oleh pihak Pemkot Bogor melalui aparatur wilayah dinilai cukup baik. Namun, kata Alex, upaya untuk perbaikan rumah yang rencananya akan dianggarkan melalui dana RTLH itu dinilai akan memakan waktu saja, mengingat kondisi rumah yang selama ini menjadi tempat tinggal Ismail dan keluarga sudah sangat memprihatinkan.

"Saya rasa, jika dimasukan kedalam anggaran RTLH 2018 itu paling tidak bantuannya akan keluar di 2019, dan ini cukup lama. Karena anggaran RTLH di 2018 belum diketok palu. Terkecuali ada dana perubahan di 2018 baru bisa cepat diberikan bantuannya," ujar Alex usai meninjau rumah tersebut, Sabtu (02/12/2017) pagi.

Alex juga menambahkan, selain anggaran RTLH, bantuan yang sifatnya bencana itu bisa dikeluarkan cepat melalui Bagian Kemasyarakat Kota Bogor. "Mengingat ini sifatnya bencana karena faktor alam, maka tindakan cepat untuk bantuannya bisa menggunakan dana taktis atau cadangan yang ada di Bagian Kemasyarakatan Kota Bogor," pungkasnya. 


Rumah Ismail Yang Nyaris Roboh
 
Lapuk dimakan usia, rumah warga di Jalan Sarigading, RT04/07, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor nyaris ambruk. Rumah yang kini banyak ditopang oleh bambu itu terus mengancam bahaya keluarga Ismail.

Menurut Ismail, selain atap yang rapuh dan sudah bolong itu, kayu-kayu dibagian atas genteng pun sudah patah. Sehingga, rumah yang dihuni sebanyak tiga jiwa itu kondisinya sangat memprihatinkan. "Dengan adanya topangan ini, sedikit membantu atau menahan kayu. Mungkin, kalau tidak ditopang, rumah ini sudah ambruk," kata Ismail, Jumat (01/12/2017) kemarin.

Ismail juga mengatakan, musim hujan yang saat ini sedang berlangsung membuat bagian atap kamar roboh. "Beberapa hari lalu atap kamar roboh. Saya juga merasa was-was jika hujan terus mengguyur. Karena, selain kamar, seluruh atap diruangan sudah memprihatinkan," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan warga kepada pihak Kelurahan Rangga Mekar, pihak Kecamatan Bogor Selatan langsung merespon cepat dengan melakukan kunjungan dan juga memberikan bantuan.

Menurut Camat Bogor Selatan, Sujatmiko Baliarto dihadapan Lurah Rangga Mekar, Dian Nurdiana dan juga LPM Rangga Mekar, pihak keluarga Ismail harus segera diberikan bantuan secepatnya mengingat kondisi rumah sangat memprihatinkan.

"Ini harus segera diberikan bantuan. Anggarannya masukan kedalam RTLH. Dan mohon kepada pemilik rumah, agar segera mengosongkan rumah untuk menjaga sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Camat Bogor Selatan. (erick)


Diberdayakan oleh Blogger.