header_ads

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Bogor

Bupati Bogor Pimpin
Upacara Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten Bogor 

BERITA BOGOR - "Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan," papar Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti saat menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, khofifah Indar Parawansa.

Hal tersebut disampaikan saat bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Bogor di lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kab. Bogor, pada Jumat (10/11/2017). Saat upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pahlawan secara bersama-sama juga melakukan hening cipta 60 detik ditandai dengan raungan suara sirine.

Disampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan sebagai momen bersejarah untuk memberikan makna atas pengorbanan para pehlawan kusuma bangsa dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. “Peristiwa tersebut memberikan kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik, ketakutan, melainkan politik harapan, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasannya tidak akan menyurutkan semangat perjuangan,” papar Bupati Bogor.

Bupati Bogor menyampaikan Peringatan Hari Pahlawan kali ini mengambil tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri". Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur dan seperti amanat Bung Karno, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

"Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," tuturnya. (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.