Header Ads

Polres Bogor Gelar Lomba Dakwah

Pemkab Bogor Dukung Lomba Dakwah

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Pemerintah Kabupaten Bogor mengapresiasi dan akan mendukung secara penuh langkah Polres Bogor yang menggelar kegiatan Lomba Dakwah Da' iKamtibmas Tahun 2017 dan diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kecamatan se - Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakan Adang di ketika memberikan sambutan pada kegiatan tesebut, pada Senin (27/11/2017).

Adang Suptandar mengatakan, predikat "Da'i Kamtibmas" memberikan isyarat, bahwa dalam menjalankan tugasnya menjaga aqidah umat, para Da'i juga memiliki kewajiban untuk menjadi perekat umat serta memeilhara ketertiban dan kemanan masyarakat yang menjadi tanggung jawab kita sebagai bangsa.

"Tentunya Pemkab Bogor berharap, selain mengemban tugas syi'ar dakwah dan menjadi motivator umat, para Da'i Kamtibmas wajib menggunakan pendekatan yang menyejukkan, sehingga umat islam tergerak untuk meningkatkan kualitas keagamaannya serta pada saat yang sama berkontribusi dalam membangun lingkungan sosial yang aman, damai, dan kondusif," ujar Adang Suptandar.

Selain itu, Pemkab Bogor juga berharap Da'i Kamtibmas harus memiliki gerakan dakwah yang terukur, terstruktur, dan massif, dengan tetap memberi ruang untuk berbagi peran sekaligus menjadi katalisator
bersama stakeholder keagamaan lainnya, seperti Ormas Islam, Pondok Pesantren, Majelis Taklim, DKM, dan Sekolah berbasis agama.

"Kenapa mereka harus memiliki hal tersebut? Karena nantinya penguatan aqidah dan penyelesaian persoalan-persoalan umat akan berlangsung secara simultan dan terintegrasi, serta kedepan dapat menciptakan kehidupan beragama yang kuat dan intensif," tutur Adang.

Kapolres Bogor Andi Dicky menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 155 peserta baik dari masyarakat Kabupaten Bogor maupun anggota Polri. Selain itu kegiatan yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit yang
mempunyai kemampuan atau talenta dalam berdakwah ini mengambil tema Strategi Islam Dalam Melawan Fitnah dan Hoax agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan berita atau informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Kabupaten Bogor ini mempunyai ribuan pesantren dimana santri-santri mereka mempunyai talenta-talenta berdakwah, dan kita ingin menggandeng mereka untuk memerangi hoax dan fitnah, karena di ajaran agama Islam pun itu sudah dilarang dan juga menciptakan suasana aman dan kondusif di Kabupaten Bogor," jelas Dicky.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua MUI Kabupaten Bogor, Dandim O621 Kabupaten Bogor, Kepala Pengadilan Cibinong, Kepala Kejaksaan Cibinong, dan Camat dan Kapolsek Se-Kabupaten Bogor. (dwitama)



Diberdayakan oleh Blogger.