header_ads

Peran dan Tugas PPS Dinilai Penting

Ade Sarip Hidayat Menilai Peran dan Tugas PPS 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Sebanyak 204 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Bogor dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna. Pelantikan berlangsung di Pajajaran Suite Resort BNR Bogor disaksikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Sabtu (11/11/2017).

Dalam sambutannya Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Walikota dan Wakil Wali Kota Bogor dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018.  Kota Bogor adalah salah satu dari daerah yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2018. “Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPS ini merupakan salah satu tahap persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2018,” kata Ade.

Berdasarkan jadwal pelantikan PPK dan PPS dimulai pada tanggal 12 Oktober 2017 dan dilanjutkan dengan pengolahan DP4 per tanggal 24 November serta pemutakhiran data pemilih per 30 Desember 2018. Sedangkan pendaftaran calon dimulai 1 Januari 2018 dan masa kampanye akan dimulai pada 24 Februari 2018.

Menurut Ade, diprediksi akan banyak muncul permasalahan menjelang dan setelah berlangsungnya Pilkada. Diantaranya seperti yang disebutkan oleh Menko Polhukam, Wiranto adalah ujaran kebencian yang mendiskreditkan calon, validitas data pemilih dan sengketa antar calon di MK serta netralitas ASN.

Pilkada serentak 2018 rawan konflik karena pelaksanaannya hampir bersamaan dengan persiapan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019. Bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) permasalahan utama yang perlu diwaspadai adalah validitas data pemilih karena hal itu akan berpengaruh langsung pada teknis pelaksanaan Pilkada.

Ada begitu banyak tugas PPS,  diantaranya membantu KPU Kabupaten/Kota dan PPK dalam melakukan pemutakhiran data pemilih,  daftar pemilih sementara, daftar pemilih hasil perbaikan dan daftar pemih tetap. Membentuk KPPS Melakukan verifikasi dan rekapitulasi dukungan calon perseorangan,  mengusulkan calon petugas pemutakhiran data pemilh kepada KPU  dan mengumumkan daftar pemilih.

Peran dan posisi tugas anggota PPS sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan Pikada Serentak 2018. PPS adalah pihak yang langsung berhadapan dan berhubungan dengan para calon pemilh sebagai pemilik sah. Suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di Kota Bogor khususnya akan sangat targantung dan hasil yang telah dilaksanakan oleh para anggota PPS.

“Saya mengucapkan selamat kepada para anggota PPS yang telah dilantik pada hari ini dengan disertai ucapan terima kasih dan penyampaian penghargaan sebesar- besarnya karena telah berdedikasi untuk ikut mendukung suksesnya Pilkada Serentak 2018. (eyi)


Diberdayakan oleh Blogger.