header_ads

Linguaphone.id

Kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor

Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor 



KEGIATAN PENGEMBANGAN SISTEM KONTROL 
LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BOGOR


Hampir seluruh jaringan jalan di kota-kota di Indonesia telah ditandai dengan kemacetan lalu lintas. Hal ini akibat dari pertumbuhan lalu lintas yang pesat, selain itu juga disebabkan berbaurnya peranan jalan arteri, kolektor, dan lokal (tidak berfungsi sesuai dengan hierarki jalan) yang mengakibatkan tercampurnya lalu lintas dari semua jenis kendaraan juga banyak memberikan kontribusi terhadap tingkat kemacetan dan kecelakaan yang terjadi.

Biasanya lokasi kemacetan terletak pada persimpangan atau titik-titik tertentu yang terletak disepanjang ruas jalan. Permasalahan konflik pergerakan kendaraan yang berbelok dan pengendaliannya banyak berpengaruh terhadap kinerja persimpangan yang selanjutnya menyebabkan tingkat pelayanannya menjadi berkurang.

Konflik kendaraan dengan kendaraan ataupun dengan pejalan kaki, akan menimbulkan tundaan, kecelakaan dan bahkan kemacetan yang sangat merugikan pengemudi atau pemakal jalan. Untuk mengurangi konflik yang terjadi, maka perlu dilakukan sistem pengendalian persimpangan yang terintegrasi, dimana pengaturan simpang dapat dilakukan melalui pengaturan dari tingkatan yang paling sederhana sampai dengan tingkat yang kompleks seperti dengan pengaturan melalui sistem ATCS (Area Traffic Control System).

Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.

ATCS terdiri dari beberapa sistem utama yaitu :
•    Server, Workstation, yang berfungsi sebagai pusat operasional untuk memonitor dan mengontrol kondisi lalu lintas dari seluruh persimpangan dalam satu area.
•    Wall map, yang berfungsi menyediakan informasi status dan kondisi dari Local Controller.
•    Local Controller (pengontrol persimpangan).
•    Video Surveilance (CCTV).
•    Vehicle Detector.



Adapun fungsi ATCS (Area Traffic Control System) adalah :
1.    Mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi.
2.   Dalam keadaan tertentu, memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas (Pemadam Kendaraan, Ambulance, VVIP, Konvoi, Dll).
3.    Menyampaikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan.
4.    Menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan.

Manfaat dari terpasangnya ATCS (Area Traffic Control System) adalah :
1.    Terciptanya optimasi kinerja jaringan jalan.
2.    Mewujudkan sistem lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat dan berwawan lingkungan.
3.    Mengurangi jumlah dan beban petugas pengatur lalu lintas di persimpangan.

Pengembangan Sistem Kontrol Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kabupaten Bogor berupa pembangunan ATCS yakni dengan membangun Alat pemberi Isyarat alu Lintas (APILL) untuk 6 (enam) simpang meliputi Simpang Sentul, Simpang Daralon, Simpang PDAM Tirta Kahuripan, Simpang Karadenan, Simpang BDB Gaperi, dan Simpang RSUD Cibinong.  Adapun 4 (empat) Simpang lain masih dalam pembangunan yakni Simpang Cikaret, Simpang Fly Over Cibinong, Simpang Bambu Kuning, dan Simpang Pengadilan Agama Kabupaten Bogor.

Pemasangan jaringan komunikasi (Communication Work) dari masing-masing persimpangan ke ruang control (CC-Room) dengan menggunakan Fiber Optic, kegiatan pengambangan Sistem Kontrol Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi pengadaan dan Pemasangan APILL, Pengadaan dan pemasangan Kamera PTZ, Pengadaan dan pemasangan VMS (Variable Massage Sign), pengadaan dan pemasangan jaringan link komunikasi kabel Fiber Optic, pengadaan dan pemasangan perangkat pusat kendali (Control Centre), pengadaan dan pemasangan radio komunikasi antar petugas, dan pelatihan teknis untuk petugas operasional.

Info lanjut dapat menghubungi :
DINAS PERHUBUNGAN KAB. BOGOR
SMS PENGADUAN (085287496699)
CALL CENTER : 081802970066
 
EDDY WARDANI, SH, MM
Kepala Dishub Kab Bogor

 
27/11/2017
27/12/2017

Diberdayakan oleh Blogger.