Header Ads

Kabupaten Bogor Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda 

BERITA BOGOR | www.beritabogor.com - Kabupaten Bogor kembali mendapatkan penghargaan bergengsi di Tingkat Nasional pada bidang kesehatan yakni Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp. M(K). 

Hal ini atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Kabupaten Sehat tahun 2017 untuk klasifikasi pembinaan,  pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh dr. Anung Sugihartono sebagai Dirjen Kesehatan Masyarakat yang  bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jl. Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat,  pada Selasa (28/11/2017).

Bupati Bogor mengatakan bahwa Swasti Saba Wiwerda yang diterima Kabupaten Bogor pada tahun ini mendapatkan kenaikan peringkat dari tahun sebelumnya Swasti Saba Padapa jadi ada 4 tatanan penilaian. "Ini program yang di dukung sejumlah OPD terkait di Kabupaten Bogor dengan leading sektor Dinas Kesehatan," ujarnya.

Empat tatanan itu meliputi pertama, tatanan kawasan pemukiman sehat, sarana dan prasarana umum yang diwakili oleh rumah sehat di kampung cibitung, Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya, kedua tatanan  kawasan pariwisata sehat yang diwakili oleh highland part resort di Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari serta kampung budaya di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari. Ketiga tatanan ketahanan pangan dan gizi yang diwakili kawasan pertanian di kampung Cibitung Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya serta keempat tatanan  kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri yang dipresentasikan oleh posyandu kemuning di Kampung Cibitung Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya.

Menurutnya, pengembangan program Kabupaten Bogor sehat mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sinergi pembangunan bidang kesehatan, sehingga tercipta peningkatan lingkungan fisik, sosial dan budaya yang potensial membentuk kondisi yang kondusif bagi masyarakat untuk membangun paradigma hidup bersih, sehat dan berkualitas guna meningkatkan kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi lebih baik. (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.