Header Ads

Hari Kesehatan Nasional Ke-53 Tingkat Kota Bogor

Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku 

BERITA BOGOR - Setiap tanggal 12 November, rakyat Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Perayaan ini pertama kali dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Presiden Soekarno pada 1959. Kala itu, Presiden Soekarno melakukan penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis. Selain itu, diadakan juga penyuluhan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahanya penyakit malaria dan mengingatkan untuk lebih waspada.

Di tahun-tahun berikutnya, Hari Kesehatan Nasional terus diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan pemahanan dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan. Tema yang diangkat tiap tahunnya pun berbeda-beda.

Pada 2017 ini, bertepatan dengan HKN ke-53, Dinas Kesehatan Bogor mengangkat tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Selain itu, program ini juga didukung oleh program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berprilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Melalui dua program ini, Dinas Kesehatan Kota Bogor berharap dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional. 

Peringatan HKN ke-53 ini menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia. Sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

Peringatan HKN ke-53 ini dilaksanakan melalui berbagai rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Oktober dan akan berakhir pada November 2017. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari peringatan HKN (12/11/2017) adalah Kampanye GERMAS Pemecahan Rekor MURI dengan pelaksanaan senam masal serentak se Indonesia yang akan diikuti oleh kurang lebih 1000 orang dari Kota Bogor. Kegiatan ini diharapkan melibatkan seluruh pemerhati kesehatan dan masyarakat Kota Bogor yang peduli dan mau hidup sehat.

Dalam rangkaian senam masal GERMAS tersebut di atas akan dilaksanakan juga kampanye makan buah dan sayur, tersedia bazar buah dan sayur, deteksi kesehatan serta kampanye dan deklarasi komitmen bersama tolak penyalahgunaan obat.

Dinas Kesehatan Kota Bogor juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia yang sehat dapat diwujudkan melalui keluarga yang sehat yang dapat membentuk masyarakat yang sehat. (humas/eyi)
Diberdayakan oleh Blogger.