header_ads

Tangkap Pungli Bongkar Muat Pasar

Polisi Tangkap Tangan Pelaku Pungli Bongkar Muat di Pasar

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Polresta Bogor Kota berhasil mengungkap kasus pungutan liar (Pungli) terhadap supir truk yang melakukan bongkar muat di salah satu pasar di Kota Bogor. 

Kapolresta Bogor Kota, AKBP Suyudi Ario Seto menjelaskan, kasus ini berhasil di ungkap berawal dari adanya laporan masyarakat yang merasa resah dengan adanya pungutan liar di salah satu pasar di Kota Bogor. Dari hasil penyelidikan, para pelaku mengutip setiap kendaraan yang bongkar muat dengan harga Rp.25 ribu per kendaraan. Kemudian hasil pungutan tersebut disetorkan kepada orang lain yang kini masih dalam penyelidikan. 

“Berdasarkan informasi dan penyelidikan tersebut pihak kepolisiaan kemudian melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan berhasil mengamankan dua tersangka (tsk) yakni YS dan PD. Para tersangka ini di tangkap saat mereka sedang mengutip kendaraan yang sedang bongkar muat di pasar,” jelasnya dalam press release Sat Reskrim Polresta Bogor Kota, Selasa (01/11/). 

Kedua TSK itu, lanjutnya, YS dan PD diberi jatah 40 sampai 50 tiket per harinya. Namun yang mereka setorkan hanya Rp.250 ribu perharinya, sisanya inilah yang di duga pungli dan masih kita selidiki. Selain mengamankan pelaku, pihak kepolisian juga berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp.530 ribu yang diduga hasil pungutan liar serta sebuah senjata tajam (Sajam) berupa cerulit yang dibawa oleh YS untuk melakukan tindakan kejahatan. 

“Keduanya sekarang sudah kita amankan dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui pungutan ini resmi ada landasan hukumnya atau tidak. Untuk YS yang kedapatan membawa senjata tajam akan di jerat dengan undang-undang darurat No 12 dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” ucapnya. (dani)
Diberdayakan oleh Blogger.