header_ads

Linguaphone.id

Milangkala Ke-V Barisan Benteng Raya Pajajaran

Ribuan Balad Hadiri Milangkala Ke-V Barisan Benteng Raya Pajajaran

Ribuan massa dari balad Barisan Benteng Raya Pajajaran (BBRP) se-Jawa Barat-Banten, memenuhi area panggung terbuka GOR Padjajaran Kota Bogor, untuk merayakan milangkala (hari lahir, red) BBRP yang ke-V tahun, pada Minggu (6/11).

Acara ini diisi dengan berbagai suguhan atraksi kesenian khas budaya Jawa Barat seperti Pajajaran Debus, lisung gelo, pencak silat, dan reog, ditambah penampilan drum band, dan barongsai. Prosesi khusus kebudayaan Padjajaran, menjadi inti acara milangkala ke-V BBRP yang ditandai dengan penyematan mahkota dan pemberian pusaka kepada Ketua Umum BBRP Jabar-Banten Atma Wirya oleh salah satu pengurus Ponpes Dzikir Al-Fath, KHM. Fajar Laksana yang juga sebagai pengelola Museum Prabu Siliwangi di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya walikota Bogor, Kapolresta yang diwakili, para petinggi partai, camat Tanah Sareal, Kadisdik Kota Bogor, para ketua ormas diantaranya Laskar Merah Putih (LMP), Laskar Pendekar Banten Sejati (LAPBAS), mantan wakil bupati Bogor Karyawan Faturahman dan lain-lain.

Dalam kesempatan ini Bima Arya menyampaikan tidak banyak ormas yang berbasiskan budaya. Saya bangga dan salut dengan adanya warna-warni dalam perayaan Milangkala Ke-V BBRP. Inilah simbol keberagaman kita semua apalagi nuansa budaya sundanya makin menambah semarak perayaan. 

Sementara itu, Ketua Umum DPP BBRP Jabar-Banten Drs.Atma Wirya mengatakan, usia lima tahun itu seperti balita artinya masa belajar bagi BBRP. Otomatis kalau sudah ulang tahun yang kelima lalu masuk yang ke enam, kondisinya harus lebih bagus dan lebih dewasa lagi kedepan. Disamping itu, lanjutnya, kita menjembatani deklarasi bersama dengan ormas-ormas lain yang ada di Kota Bogor. Deklarasi yang kita bacakan tadi merupakan bukti kebersamaan, persatuan, kekompakan dan keikhlasan ormas Kota Bogor sebagai mitra harmonis antar ormas sehingga Kota Bogor dapat aman, tentram dan nyaman. 

Acara ini juga mengukuhkan TIM Rescue BBRP oleh Ketua Umum BBRP Atma Wirya, dilanjut menyerahkan santunan bagi para anak yatim. Rangkaian Milangkala Ke-V BBRP ditutup dengan Kirab Budaya yang dimulai dari GOR Pajajaran di Jalan Pemuda, lalu ke arah Jalan A. Yani – Taman Air Mancur, kemudian kembali ke GOR Pajajaran. (dani)
Diberdayakan oleh Blogger.