header_ads

Linguaphone.id

TNI Gelar Kompetisi Hackathon Tingkat Nasional

Hadapi Perang, TNI Gelar Kompetisi Hackathon Tingkat Nasional 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Menghadapi ancaman nyata dalam teknologi khususnya yang terkait dengan sistem pertahanan negara, TNI AD menggelar Kompetisi Hackathon Kartika Eka Paksi Cipta Yudha’ Tingkat Nasional 2016 yang berlokasi di Gedung Sudirman Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah.

Kompetisi Hackathon ini bertujuan untuk membangun kerja sama antara sipil-militer di bidang teknologi informasi, yang nantinya bermanfaat untuk menanamkan semangat nasionalisme dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, lomba ini sebagai langkah antisipasi TNI dalam menghadapi ancaman nyata melalui teknologi. Ada tiga kategori yakni operasi, teritorial, serta dukungan. “Bagi peserta yang memiliki keahlian lebih dan menjadi juara dalam ajang ini, akan dipromosikan menjadi anggota TNI jika yang bersangkutan berminat,” kata Mulyono.

Mulyono melanjutkan, dengan diselenggarakan kompetisi Hackathon oleh TNI AD ini, kami berharap dapat memprakarsai lahirnya inovasi-inovasi baru, khususnya yang terkait dengan sistem pertahanan negara dalam menghadapi perang teknologi informasi.

Sementara, Koordinator lomba, Kolonel Esti menjelaskan, dari ratusan peserta yang mengikuti kompetisi keluar delapan tim yang lolos ke babak final, yakni Cikur Defense, Sang Surya Deu, Karsa, Garda Wisnu Kencana, MVM Cope, Batavia Hacktown, Gorontalo Bisaolo dan Mas m.

“Seluruh calon juara ini, kemudian dipersilahkan mempresentasikan rancangan mereka di depan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. Setelah diberi waktu tiga menit, tim Cikru Defense berhasil keluar sebagai juara pertama, lalu disusul Gorontalo Bisaolo dan juara ketiga adalah Garuda Wisnu Kencana,” jelasnya.

Final kedelapan tim tersebut sambung Esti, dilaksanakan pada Minggu (9/10) kemarin di Gedung Sudirman Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Mereka adalah yang terbaik dan sudah tersaring oleh dewan juri. “Kedepan, bukan hanya para juara yang akan berkolaborasi dengan TNI AD. Namun juga lima tim lainnya dalam hal dalam pengembangan aplikasi pertahanan negara,” pungkasnya. (dani)


Diberdayakan oleh Blogger.