header_ads

Linguaphone.id

Terapkan PHBS Untuk Cegah Penyakit Kaki Gajah

Kabupaten Bogor termasuk endemis sejak tahun 2015. 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o  Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Kusnadi, faktor endemis tersebut antara lain kurangnya daya dukung lingkungan. Seperti, masih terdapat selokan mampet yang jadi tempat berkembang biak nyamuk, dan desa-desa yang belum bebas dari kebiasaan buang air sembarangan. 

“Kita sudah dorong agar sanitasi total berbasis masyarakat di seluruh desa terlaksana. Masyarakat pun harus menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta melakukan 3M Plus jangan sampai ada jentik nyamuk maupun sarang nyamuk disekitar rumah,” ucapnya, Selasa (04/10).

Dirinya mengatakan pengobatan kaki gajah telah berlangsung sejak 2008, namun berlangsung parsial di Kabupaten Bogor. Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis di kabupaten/kota endemis secara serentak dengan jumlah sasaran mulai dari usia 2-70 tahun. "POPM bisa diakses masyarakat dengan mendatangi langsung Pos Minum Obat. Warga yang tinggal di pelosok diminta mendatangi Pos Minum Obat terdekat," pintanya.

Dirinya menambahkan, program pemberian obat pencegahan kaki gajah diberikan secara massal kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bogor. “Untuk obat, petugas puskesmas, puskesmas pembantu, para kader posyandu sudah kami siapkan dan akan kami sebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Pelaksanaan akan kami bagi menjadi empat zona yang dilaksanakan mulai pada tanggal 03-10 Oktober 2016,” paparnya. (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.