header_ads

Sistem One Way Atasi Kemacetan Puncak Bogor

Penanganan kemacetan arus di jalur wisata Puncak Kabupaten Bogor dengan sistem One Way 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Terkait kemacetan yang terjadi setiap hari Sabtu dan Minggu maupun hari libur nasional lainnya di jalur Puncak dikarenakan adanya sempitnya jalan menuju puncak, jumlah kendaraan makin bertambah, tidak disiplin nya para pengendara roda dua maupun roda empat sehingga terjadinya pelambungan dan banyaknya titik titik hambat di sepanjang jalur Puncak.

Satuan lalu lintas Polres Bogor melakukan tindakan sistem One Way buka tutup pada saat terjadinya kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di jalur Puncak. Kebijakan ini diharapkan agar masyarakat lebih mengerti tentang mekanisme One Way jalur Puncak.

Kasatlantas AKP Silfia Sukma Rosa menjelaskan bahwa jam di berlakukan oneway dimulai dari jam 07.30 sampai pukul 11.00 wib diberlakukan One Way arah bawah menuju atas (Jakarta- Cianjur) hal ini diberlakukan karena arus lalu lintas yang terpantau padat dari arah Jakarta menuju Cianjur.

Tahapan ini dimulai dari pengurasan arus dari atas dan dari arah bawah dengan titik pending dari atas riunggunung hanya satu titik pending dari arah atas saja, setelah ditutup arus dari atas didorong ke bawah untuk pengurasan arus dengan menggunakan 1 KR 4 Ranger 1 kr-21 ke-4 Sedan Patwal rangkaian pendorong arus diawaki dengan 2 personil dengan menggunakan bendera serta mensosialisasikan public address bahwa jalur puncak terbuka satu arah menuju puncak atau Cianjur. 

Selanjutnya anggota yang terpenting di titik titik hambah aktif melakukan penarikan secara manual prioritas arus yang ke atas, arus yang sudah dilalui oleh rangkaian pendorong dinyatakan satu arah one way menuju puncak Cianjur memakan waktu satu sampai satu setengah jam jadi cara bertindak ini langsung otomatis pengurusan dari penarikan One Way tanpa menghambat arus dari arah bawah menuju atas sehingga kendaraan tetap mengalir.

Tahapan selanjutnya yaitu penormalan arus dimulai jam 11.00 dengan cara Kijang penormalan dari arah 1B merapikan arus dari bawah sampai dengan Riung gunung sehingga arus dari bawah kembali ke antriannya Jam 14.00 WB diberlakukan warna way arah atas yaitu arus balik dari arah Cianjur menuju Jakarta tahapan ini diberlakukan dengan menutup arus dari arah Jakarta menuju Cianjur dengan titik pending arus pospol 1B SP Gadog Haji Ijah lalu mendorong arus menggunakan Kijang Patwal sampai dengan titik pending Riung gunung dari atas. 

Demikian juga pendorong dari atas Riung gunung sampai tembus 1 setelah itu berlaku wanwey dari atas ke bawah. Dan yang terakhir penormalan jam 18.00 wib, Kijang penormalan menyisir dan merapikan arus dari arah Riung gunung ke 1B dan dua jalur dari arah Jakarta maupun Cianjur.


Diberdayakan oleh Blogger.