header_ads

Linguaphone.id

Rakor Forum kerukunan Umat Beragama

Deddy Mizwar Hadiri Rakornas FKUB 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o  Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menghadiri Rakor Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB), bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, di R. Sasana Bhakti Praja Gedung C Lt. III Kemendagri Jakarta, Kamis (06/10).

Rakor dibuka dua Menteri sekaligus, yakni Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Menag Lukman Hakim Saifudin. Dalam sambutannya Mendagri mengatakan bahwa kerukunan umat beragama merupakan hal yang perlu dipersiapkan oleh Pemerintah, termasuk Pemerintah Daerah. "Tugas Kepala daerah atau wakil Kepala daerah bisa menyiapkan kerukunan umat beragama ini," kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Menurutnya, peran penting Pemerintah Daerah dalam meredam konflik umat beragama salah satunya dapat dilakukan dengan menjadi fasilitator dalam hal komunikasi antar umat beragama, dengan dialog yang melibatkan berbagai tokoh masyarakat.

"'The Power of Dialogue' jadi ini kekuatan dialog, Konflik agama bisa diredam dengan adanya fasilitasi penyelenggaraan dialog di antara umat beragama melalui tokoh-tokoh agama, masyarakat, dan adat yang ada di suatu daerah. Dan ini peran pemerintah daerah (fasilitator), kalau terjadi konflik ajaklah para tokoh agama, tokoh masyarakat, yang bisa meredam itu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat," tambahnya.

Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyatakan, bahwa Indonesia sendiri merupakan negara yang unik. Indonesia bukan negara agama tertentu, (seperti misal Arab, negara Islam) tetapi Indonesia tidak memisahkan kehidupan beragama dan bernegara. "Sebagai bangsa yang religius, agama ikut menata kehidupan kita bersama. Kehidupan bernegara berpemerintahan dan bermasyarakat," ungkap Menag Lukman.

Sementara agama di Negeri ini pun beragam, sehingga koordinasi dan komunikasi yang baik dalam hal toleransi antar umat bergama sangatlah diperlukan. Maka, Rapat Koordinasi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), diharapkan dapat menjadi wadah untuk menampung aspirasi terkait masalah - masalah kerukunan umat beragama tersebut (beta)
Diberdayakan oleh Blogger.