header_ads

Linguaphone.id

Kader Posyandu Sweeping Minum Obat Filariasis

Kader Posyandu Diminta Sweeping Minum Obat Filariasis 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o  Pelaksanaan Pos Minum Obat Eliminasi Penyakit Kaki Gajah disetiap Posyandu, ternyata terdapat perbedaan sepak terjang Kader Posyandu dalam menyukseskannya. Pasalnya, ditemukan Posyandu yang Pasif dalam mengajak warga minum obat, kendati ada pula yang aktif sweeping door to door tanpa mengenal lelah.

Ketua Posyandu Bougenville RW 07 Desa Pasirlaja, Mimi S.Praja mengatakan Pos Minum Obat Filariasis dilakukan hari ini, Rabu (05/10) pukul 15.00-21.00 Wib, dengan jumlah sasaran 1530 warga. "Hari ini harus tuntas minum obat, sebab kegiatan disini hanya satu hari saja" ujarnya.

Sementara, sebelas kader Posyandu dibantu oleh tujuh tenaga kesehatan dari Puskesmas Cimandala hanya mengandalkan data warga dari setiap RT saat menyebar kartu undangan "Datang ke Pos Minum Obat Filariasis". Selain itu, hanya melalui pengumuman melalui pengeras suara. "Nanti kalau sudah direkap semua malam ini, mungkin besok baru sweeping dan tidak melalui tes tekanan darah sebab repot bawa alatnya," kata Mimi.

Terpisah, di Posyandu Melur 1 RW 05 Desa Pasirlaja yang kadernya secara aktif melakukan sweeping door to door mengajak warga minum obat Filariasis. "Enam kader Posyandu dibantu RT dan RW melayani 900 warga sasaran minum obat. Tenaga kesehatan yang diperbantukan dari Puskesmas Cimandala juga ada. Kita sweeping warga hari dan besok supaya minum obat," kata Suhaeti selaku Ketua Posyandu.

Sementara, di Desa Bendungan Kecamatan Ciawi terdapat dua Posyandu yang aktif mengundang seluruh warga untuk meminum obat Filariasis. Yakni, Posyandu Mawar RW 08 dipimpin oleh Sri Mulyani dan Posyandu Melati RW 09 dipimpin oleh Siti Aminah yang akrab dipanggil Bu Khaer yang dibantu para Kader dan Tenaga dari Puskesmas setempat.

Supaya Bogor Sehat, para Kader Posyandu harus aktif mendatangi semua rumah warga tanpa tebang pilih yang bertujuannya supaya semua warga disini terbebas dari ancaman penyakit kaki gajah. "Ti Posyandu Mawar jeung Melati aya Hui rebus, Bala-bala jeung Cai kopi panas cap teko aya, sekabehna nu datang," kata Tokoh warga setempat, Adi Prabowo.

Saat dikonfirmasi, Kamis (06/10), Kepala Puskesmas Cimandala Kecamatan Sukaraja, dr.Lidya mengatakan semua kader Posyandu diminta melaksanakan Sweeping. "Tidak ada kecuali, semua warga harus didatangi untuk tes tekanan darah lalu minum obat Filriasis dengan sasaran usia 2 sampai 70 tahun," tegasnya. (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.