header_ads

Delapan Tahapan Recovery Rumput GBLA

Delapan Tahapan Recovery Rumput GBLA 

BERITA BOGOR - beritabogor.com o Ketua Umum PB Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menegaskan pihaknya akan langsung melakukan pemulihan (recovery) rumput Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA) pasca penyelenggaraan PON. Pihaknya sudah menerima laporan dari PB PON XIX /Peparnas XVA maupun publik dan langsung menugaskan timnya untuk mentaksasi dan memulai proses recovery.

Bidang Upacara PB PON Satria Yanuar Akbar mengatakan, ada delapan tahapan recovery yang akan dilakukan timnya. Pertama, pemeriksaan daun. Beberapa ruas daun akan mengalami kematian dan terlepas dari akar utama, sehingga pekerja akan menyisir dan memisahkan rumput yang mati dan melakukan penyiangan.

"Setelah disisir akan dilakukan pemampatan dan pemberian nutrisi. Setelah rumput mati terlepas, rongga dasar agregat akan diberikan pemadatan dan diisi campuran nutrisi tanah. Hal ini akan merangsang pemberian nutrisi dan percepatan pertumbuhan tunas baru," katanya.

Langkah selanjutnya menentukan keasaman tanah. Setiap jenis rumput membutuhkan tingkat keasaman berbeda guna menghasilkan pertumbuhan tanah optimum. Dilakukan metoda perekayasaan PH agar rumput jenis Zoya Mer yang akan ditanam di GBLA mendapatkan medium ideal dan dapat dilaksanakan percepatan pertumbuhan.

Setelah didapatkan Ph ideal, kata dia, dilakukan pemberian nutrisi tambahan bagi rumput. Selepas itu, dilakukan pemberian microba dan materi organik, proses oksidasi pada rumput baru, penyemaian rumput baru, dan terakhir perawatan rumput baru.

"Dalam proses ideal, dibutuhkan waktu 60 hari untuk dapat menjadikan rumput sehat seperti semula. Kami akan terus bekerja agar Stadion GLBA bisa kembali digunakan untuk kepentingan seluruh masyarakat Jawa Barat," tutup Satria. (rilis)
Diberdayakan oleh Blogger.