header_ads

Linguaphone.id

Datangi Pos Minum Obat Filariasis 3-10 Oktober 2016

AYO MINUM OBAT FILARIASIS 3-10 OKTOBER 2016 

Sejak sore hingga menjelang malam, ratusan warga berbondong – bondong mendatangi Pos Minum Obat Filariasis guna mengeliminasi penyakit Kaki Gajah di Posyandu Kutilang 1 Kelurahan Karang Asem Barat, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor, Senin (03/9).

Dilokasi Pos Minum Obat Filariasis itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Erwin Suriana memaparkan masalah kesehatan bukan hanya tanggungjawab instansi kesehatan namun tgg jwb bersama. “Terutama kekompakan lintar program maupun lintas sektor. Kab bogor sebagai daerah endemis filariasis akan melaksanakan eliminasi filarisis,” paparnya.

Dirinya mengatakan, dengan minum obat bersama selama minimal 5 tahun yang dimulai dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, akan mengeliminasi penyakit Kaki Gajah. Tahun ini adalah tahun kedua. “Tanpa dukungan dari berbagai pihak terutama kesadaran dan dukungan masyarakat, program eliminasi akan sangat berat. Namun, dengan melihat antusisme dari Camat bersama Muspika dan seluruh lapisan masyarakat maka sangat diyakini bahwa eliminasi filariasis akan terwujud,” katanya.

Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis, jelas Erwin Suriana, adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun yang disebabkan oleh cacing Filaria dan ditularkan oleh nyamuk. “Filariasis juga dapat dicegah dengan cara rutin melakukan 3M plus, pola hidup bersih sehat dan minum obat pencegahan filariasis secara teratur,” jelasnya.

Dirinya mengajak kepada segenap masyarakat Kabupaten Bogor untuk mendatangi Pos Minum Obat di Posyandu terdekat guna meminum obat pencegahan Filariasis. “Obat akan dibagikan secara gratis pada Tanggal 3 Oktober sampai dengan 10 Oktober 2016. Nanti warga akan dilayani oleh para kader kesehatan di setiap pos yang tersebar di Kabupaten Bogor,” imbunya. (dwitama)
Diberdayakan oleh Blogger.